TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Belasan Rumah dan SLB Rusak Diterjang Angin Hujan di Magetan

Gedung sekolah rusak, para siswa SLB dipulangkan lebih awal

Gedung SLB Negeri Karangrejo Magetan rusak, para siswa dipulangkan lebih awal. IDN Times/ Riyanto.

Magetan, IDN Times – Angin kencang disertai hujan lebat yang melanda wilayah Magetan, Jawa Timur, pada Rabu malam (25/09/2024) menyebabkan kerusakan parah di dua kelurahan, yaitu Karangrejo dan Manisrejo, Kecamatan Karangrejo. Di Kelurahan Manisrejo, belasan rumah dilaporkan mengalami kerusakan berat, termasuk fasilitas umum seperti Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Karangrejo.

1. Proses belajar di SLB terganggu

Kondisi semakin parah ketika angin kencang disertai hujan merobohkan sejumlah pohon besar, menutupi akses jalan warga dan menimpa beberapa rumah serta mobil. "Angin begitu cepat, teras-teras rumah warga beterbangan sampai jauh," ungkap Suwarno, salah satu warga terdampak.

SLB Negeri Karangrejo juga mengalami kerusakan signifikan. Atap bangunan sekolah tersebut rusak berat, sehingga proses belajar-mengajar harus dihentikan sementara. 

"Karena ruang kelas basah dan atap rusak, kegiatan belajar terganggu. Kita akan pulangkan siswa lebih awal," ujar Nuryani, seorang guru di SLB kepada IDN Times, Kamis (26/09/2024).

Baca Juga: Hujan Bercampur Angin Kencang Terjang Magetan, 2 Swalayan Rusak

2. Pohon tumbang menimpa rumah dan mobil

Situasi semakin mencekam saat angin kencang disertai hujan deras melanda kawasan tersebut. "Sangat panik sekali, ada belasan rumah rusak, pohon tumbang, bahkan menimpa mobil. Untungnya tidak ada korban jiwa," kata Endiana, seorang warga setempat, menggambarkan kepanikan yang dirasakan warga.

Kapolsek Karangrejo, AKP Hari Joko Prayitno, mengonfirmasi kerusakan yang terjadi di dua kelurahan tersebut. "Ada belasan rumah rusak, pohon besar menimpa rumah dan mobil. Kita sudah melakukan pembersihan," jelasnya.

3. Pembersihan Masih Terus Dilakukan

Selain rumah dan sekolah, beberapa pertokoan juga mengalami kerusakan akibat angin kencang ini. Hingga siang ini, warga bersama petugas TNI, Polri, dan BPBD setempat bergotong-royong membersihkan puing-puing dan pepohonan yang menutupi akses jalan. Upaya pemulihan terus dilakukan untuk mengembalikan kondisi lingkungan yang terdampak.

Tidak ada laporan terkait korban jiwa, namun cuaca ekstrem ini memicu pemadaman listrik di sejumlah wilayah sejak Kamis malam. Warga berharap kondisi segera pulih agar aktivitas bisa kembali normal.

Baca Juga: Waduk Gonggang Mengering, Petani Magetan Terancam Merugi

Verified Writer

Riyanto

Jangan biarkan rakyat tidak mendapat manfaat apa-apa dari uangnya yang dikelola mereka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya