TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Khofifah-Emil Sampaikan Pesan Bhinneka Tunggal Ika Lewat Busana

Tetap ingatkan jaga kesantunan dalam berpolitik.

Paslon Pilgub Jatim, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dalam deklarasi kampanye damai di Tugu Pahlawan Surabaya, pada Selasa (24/9/2024). (IDN Times/Myesha Fatina)

Surabaya, IDN Times - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Calon Gubernur Provinsi Jawa Timur nomor urut dua, Khofifah-Emil, terus mengingatkan untuk tetap menjaga pesan Bhinneka Tunggal Ika dalam Pilkada di Jawa Timur lewat busana yang mereka kenakan. Hal tersebut disampaikan saat Khofifah saat memberikan sambutan di acara Deklarasi Kampanye Damai yang diselenggarakan oleh KPU pada Selasa (24/09/2024). 

"Kami ingin menyampaikan kepada penjenengan semua kenapa kami memilih busana Majapahit, karena kami ingin menyampaikan pesan Bhineka Tunggal Ika dalam berpolitik," ujar Khofifah dalam pidatonya. 

Pada kesempatan tersebut, pasangan Khofifah-Emil menyoroti busana yang dikenakan mereka hari ini, yakni baju Mojopahitan. Khofifah juga menjelaskan bahwa Kerajaan Majapahit telah memberikan refrensi kepada Indonesia, bahwa Nusantara, Nusa artinya pulau dan Antara adalah di luar. Khofifah juga mengatakan bahwa Sumpah Palapa Majapahit Gajah Mada juga memberikan pengaruh dari bersatunya bumi Jawa Timur. 

"Waktu pada Sumpah Palapa Mahapatih Gajah Mada beliau harus berpuasa sampai kemudian pulau-pulau itu dapat dipersatukan. Dan itulah bumi Jawa Timur," ujar Khofifah. 

Tidak hanya itu, Khofifah ajak untuk tetap menjaga kesantunan dalam berpolitik. Tidak cukup hanya berdemokrasi, tetapi harus diikuti dengan kesantunan.

"Semua keberhasilan kita di dalam membangun Jawa Timur adalah karena kerja bersama. Tidak ada Superman, tidak Superwoman, yang adalah Superteam," tambahnya lagi. 

Khofifah juga menyinggung persoalan di awal pemerintahan mereka selama menjabat Gubernur Jawa Timur, terdapat kemiskinan esktrim di tahun 2019. Namun, berkat kerja sama dan partisipasi masyarakat Jawa Timur, maka per September 2024 kemiskinan esktrim melampaui 0,66%.

"Oleh karena itu, siapapun yang memimpin harus membelanjakan harta APBD-nya untuk kesejahteraan masyarakat yang dipimpinnya," ujar Khofifah.

Pantauan IDN Times, Khofifah-Emil menjadi paslon pertama yang menghadiri acara Deklarasi Kampanye Damai pada pukul 13.36 WIB. Khofifah-Emil hadir menggunakan kendaraan yang sudah dihias layaknya pawai dan menggunakan pakaian adat Jawa berwarna hitam.

Pendukung Khofifah-Emil mengiringi kedatangannya dengan memainkan alat musik dan membawa sebagian atribut seperti bendera dan papan foto bertuliskan "Khofifah-Emil 2024, Lanjutkan".

Baca Juga: Luluk-Lukman Berharap Pilgub Jatim Penuh Kejujuran dan Keadilan

Verified Writer

Myesha Fatina Rachman

when life is like a lemon, just make a lemonade

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya