TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Risma Tawarkan Program Sekolah Gratis Tanpa Pungutan

Hadiri konsolidasi internal PDIP

Cagub Jatim nomor urut 3, Tri Rismaharini saat di Tulungagung. IDN Times/Bramanta Pamungkas

Tulungagung, IDN Times - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 3, Tri Rismaharini akan membebaskan segala betuk tarikan atau pungutan di lembaga pendidikan. Selain itu, Risma akan memberikan tunjangan kepada guru honorer dari anggaran pemerintah. Hal ini disampaikan Risma saat menghadiri konsolidasi internal PDIP, di Gor Desa Ngrendeng, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung. Sekolah gratis semua jenjang menjadi salah satu program Risma jika terpilih menjadi Gubernur Jawa Timur. 

1. Tak ada tarikan sekolah pihak manapun

Risma mengatakan, program sekolah gratis memang sudah ada dalam program Pemprov Jatim. Namun, di lapangan masih banyak pungutan atau tarikan kepada siswa. Risma mengaku sering membiayai siswa karena ijazahnya masih ditahan pihak sekolah. Meskipun begitu Risma tidak menyalahkan sekolah karena menyadari ada beberapa kebutuhan yang tidak dicukupi oleh pemerintah.

"Seperti gaji guru honorer, ini menjadi beban sekolah akhirnya ada tarikan ke wali murid," ujarnya, Minggu (29/9/2024). 

Baca Juga: Risma-Gus Hans Serukan Pilkada Berintegritas

2. Semua kebutuhan sekolah bisa dihitung

Menurut Risma, kebutuhan sekolah tersebut sebenarnya bisa dihitung dan dicukupi oleh pemerintah. Risma mengisahkan program sekolah gratis yang dilakukan saat menjabat sebagai Walikota Surabaya. Semua kebutuhan sekolah bisa dipenuhi pemerintah sehingga dana BOS maupun BOSDA hanya murni untuk kebutuhan operasional sekolah.

"Jika kurang kita bisa menggandeng pihak lain seperi Baznas, ini tidak setiap bulan hanya setahun sekali," tuturnya. 

3. Targetkan kemenangan 50 persen

Sementara itu, Plt Ketua DPC PDI Perjuangan Tulungagung, Erma Susanti  menargetkan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Tri Risma Harini dan Gus Hans mendapat 50 persen suara kemenangan di Tulungagung.

"Konsolidasi dilakukan untuk memanasi mesin partai dan mensolidkan kader. Target kami Risma dan Gus Hans akan menang 50 persen," pungkasnya.

Baca Juga: Rakerdasus PDIP Jatim, Siapkan Sanksi Jika Tak Menangkan Risma-Hans

Verified Writer

Bramanta Pamungkas

orang biasa peternak kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya