TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Indikator Politik: Elektabilitas Khofifah-Emil 61,2 Persen

Ada potensi ngejar gak ya 2 pesaingnya?

Paslon Pilgub Jatim, Luluk-Lukman, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak, Tri Rismaharini-Gus Hans, pada Selasa (24/9/2024). (IDN Times/Myesha Fatina)

Surabaya, IDN Times - Elektabilitas pasangan petahana Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) 2024, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak masih menjadi teratas dibanding para pesaingnya, Luluk Nur Hamidah - Lukmanul Khakim dan Tri Rismaharini - Zahrul Azhar Asumta Gus Hans.

Berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia paslon nomor urut 2 tersebut memiliki elektabilitas mencapai 61,2 persen. Kemudian ada paslon nomor urut 3 Risma - Gus Hans 26,0 persen, dan paslon nomor urut 1 Luluk -Lukman 2,2 persen.

"Suara Mbak Khofifah berpasangan dengan Emil 61,2 persen, Mbak Risma dengan Gus Hans 26,0 persen, Mbak Luluk dengan Lukman 2,2 persen,” ujar Founder dan Peneliti Utama Indikator Burhanuddin Muhtadi saat konferensi pers daring, Minggu (29/9/2024). Responden yang tidak memilih sebanyak 0,5 persen, dan yang tidak tahu/rahasia 10,2 persen.

Dari hasil itu, Burhan menyebut kalau duet paslon Risma - Gus Hans relatif lebih memiliki peluang untuk menyaingi duet petahana Khofifah-Emil. Sementara paslon Luluk-Lukman harus bekerja lebih keras untuk menggenjot elektabilitas mereka.

“Mbak Risma relatif punya peluang untuk menyaingi Mbak Khofifah. Meskipun lagi-lagi buat Mbak Luluk kalau ingin menaikkan elektabilitas tingkat kedikenalan Lukuk-Lukman harus digenjot semaksimal mungkin,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Burhan menyebut, untuk menyaingi Khofifah bukanlah hal yang mudah. Pasalnya Khofifah adalah petahana dan telah memimpin Jatim selama lima tahun terkahir. 

Ketua Umum Muslimat NU itu juga dianggap punya mental dan pengalaman bertarung di Pilgub Jatim sebelumnya sebanyak tiga kali. “Jangan lupa Khofifah sudah berkali-kali maju (Pilgub Jatim),” kata dia.

Sementara itu dalam simulasi tiga nama calon gubernur, Khofifah unggul dengan 60,9 persen, Risma 26,9 persen, Luluk 1,8 persen, tidak memilih atau golput 0,7 persen, tidak tahu/tidak jawab 9,7 persen.

Lalu pada simulasi enam nama semi terbuka, tiga nama cagub dan tiga nama cawagub, Khofifah berada di posisi teratas dengan 52,0 persen, Risma 22,8 persen, Emil 7,2 persen, Lukman 1,3 , Luluk 1,0 persen, Gus Hans 0,7 persen, lainnya 0,2 persen, tidak memilih atau golput 0,9 persen, tidak tahu/tidak jawab 13,8 persen.

“Di antara cawagub, yang relatif sudah punya semacam kontribusi elektoral yang cukup lumayan adalah Emil Dardak 7,2 persen. Dia punya kontribusi,“ ucap dia.

Survei tersebut melibatkan 1.000 responden yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Jatim. Penarikan sampel menggunakan metode multistage randim sampling. Pelaksanaan survei ini pada 9-14 September 2024 dengan margin of error sekitar 3,2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. 

Baca Juga: Hijab Segi Empat ala Khofifah, Simpel dan Terlihat Kalem

Berita Terkini Lainnya