6 Tips Liburan Hemat ke Jember, Cocok Buat Backpakeran

Yuk eksplor kota tembakau di Jawa Timur ini!

Siapa yang tidak tahu Jember. Daerah ini dikenal dengan Jember Fashion Carnaval serta tembakaunya yang menjamah hingga ke pasar dunia. Jember juga memiliki banyak destinasi wisata alam, terutama pantai karena berbatasan langsung dengan laut selatan atau Samudera Hindia. Wisata alamnya yang mempesona membuat daerah ini sangat menarik untuk dijadikan sebagai tujuan liburan.

Buat kamu yang ingin mencoba liburan atau backpackeran hemat ke Jember, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti berikut ini!

1. Kunjungi wisata gratisan atau murah seperti pantai atau kebun teh

6 Tips Liburan Hemat ke Jember, Cocok Buat BackpakeranPantai Papuma Jember (Instagram/jemberawesome)

Ketika liburan hemat, sesuatu yang murah atau bahkan gratis pasti bakal sangat menarik ya! Nah, di Jember sendiri terdapat banyak wisata gratis dan populer yang bisa kamu kunjungi saat liburan hemat. Beberapa tempat wisata gratis tersebut yaitu Alun-alun Jember, Pantai Watu Ulo, Pantai Tanjung Papuma, Air Terjun Tancak, Air Terjun Antrokan, Situs Duplang, Museum Huruf, Taman Kota Sumbersari, Kampung Durian Panti dan banyak lagi lainnya.

Selain berkunjung ke destinasi wisata gratisnya, kamu juga bisa menikmati liburanmu di Jember di tempat-tempat wisata murahnya yang menarik dan bakal bikin kamu makin eksis jika berfoto di destinasi wisata tersebut.

Nah, wisata dengan tiket di bawah Rp15 ribu yang ada di Jember yaitu Pantai Payangan, Teluk Love, Dira Park, Pantai Asmara, Taman Nasional Meru Beriti, Museum Tembakau, Kebun Teh Gunung Gambir dan masih banyak lagi lainnya.

2. Gunakan transportasi kereta api

6 Tips Liburan Hemat ke Jember, Cocok Buat BackpakeranTransportasi kereta api (Instagram/pesonajember)

Buat kamu yang berdomisili jauh dari Kota Jember, maka kamu bisa mengunjungi Kota Tembakau ini dengan menggunakan kereta api karena biaya perjalanannya lebih terjangkau.

Jember memiliki banyak stasiun yang dilewati oleh kereta api jarak menengah dan jarak jauh seperti jurusan Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Purwokerto, Surabaya, Malang, hingga Banyuwangi. Ada 9 stasiun di Jember yaitu Stasiun Jember, Stasiun Arjasa, Bangsal Sari, Stasiun Mangli, Garahan, Stasiun Rambipuji, Tanggul, Stasiun Kereta Api Kalisat, dan Stasiun Ledokombo. Banyaknya stasiun ini akan memudahkanmu untuk memilih destinasi wisata.

3. Transportasi publik di Jember kurang mendukung, sewa motor saja

6 Tips Liburan Hemat ke Jember, Cocok Buat BackpakeranIlustrasi sewa motor (freepik.com/prostooleh)

Setelah naik kereta api, tentu saja kamu perlu menyewa kendaraan agar bisa mengeksplorasi keindahan Kota Karnaval ini. Maklum, transportasi publik di sini kurang mendung. Kamu bisa menyewa motor jika kamu liburan kurang dari 4 orang.

Beberapa tempat sewa motor murah di Jember yaitu Retrocakti Sewa Motor Jember, GeJe Sewa Motor Jember, Pegasus Motorent, Sewa Blackjeck, Jurnal Trans, dan Sky Rental Motor Jember.

Namun jika kamu liburan bersama 5 orang lebih, maka sewalah mobil di tempat rental yang murah dan bisa lepas kunci ataupun menggunakan sopir seperti Rafael Rent Car, Gund Rock Travelling, Cahaya Rent Car, Laura Rent Car dan Mandiri Rent Car.

Baca Juga: 5 Tempat Makan di Jember yang Buka hingga Dini Hari 

4. Booking hotel dekat Alun-alun Jember

6 Tips Liburan Hemat ke Jember, Cocok Buat BackpakeranAlun-alun Jember nampak dari atas (Instagram/pesonajember)

Tidak banyak penginapan yang berada di dekat tempat wisata Jember, jadi kamu bisa menginap di area Alun-alun Jember. Di sana banyak hotel murah yang bisa kamu temui. Selain itu, kamu juga akan lebih dekat dengan wisata-wisata gratis seperti Alun-alun Jember.

Hotel di dekat Alun-alun Jember dengan harga di bawah Rp200 ribu antara lain Lestari Hotel & Resto, JC Hotel Jember, Karunia Hotel, Ebizz Hotel, Mitra Guest House, dan Demasto Homestay.

5. Cari warung makanan tradisional atau dekat kampus

6 Tips Liburan Hemat ke Jember, Cocok Buat BackpakeranSoto Ayam Dahlok Jember (Instagram/ketostepup)

Soal kuliner, kamu tak perlu khawatir. Jember adalah salah satu tempat dengan harga makanan yang murah meriah. Ada beberapa kuliner khas yang bisa kamu coba di sana, seperti soto ayam Dahlok harga Rp10 ribuan, pecel Pincuk Garahan, pia tape, mie Rahma dan makanan lainnya yang disediakan di warung-warung tradisional warga atau makanan di dekat kampus di Jember.

6. Kalau mau oleh-oleh yang harganya bisa ditawar, lebih baik ke pasar Tanjung

6 Tips Liburan Hemat ke Jember, Cocok Buat BackpakeranPasar Tradisional Tanjung Jember (Instagram/pesonajember)

Saat liburan hemat ke Jember, tidak ada salahnya jika kamu membeli barang atau oleh-oleh di pasar tradisionalnya. Salah satu pasar paling lengkap di Jember adalah pasar Tanjung. Barang di sana cukup lengkap dan harganya bisa kamu tawar.

Namun jika ingin mengunjungi pusat oleh-oleh di Jember cobalah berkunjung ke sentra oleh-oleh di Jember yang terkenal murahnya seperti Toko Primadona, Cita Rasa Oleh-oleh, Toko Sari Rasa, Toko Oleh-oleh Purnama Jati dan lain sebagainya.

 


Nah, buat kamu yang suka backpakeran atau liburan hemat, maka kamu wajib banget mengunjungi salah satu Kabupaten besar di Jawa Timur ini yang kaya akan tradisi, budaya dan keindahan alamnya. Jadi, jangan sampai kamu melewatkan liburan seru ke Jember hanya karena budget yang pas-pasan ya!

Baca Juga: 8 Kafe Hits di Jember, Referensi Healing Tahun Baru

Alvi Nur Jannah Photo Community Writer Alvi Nur Jannah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya