Wali Kota Malang Cek Fasilitas Cuci Tangan di Pasar Oro-oro Dowo

Untuk antisipasi penyebaran virus corona

Malang, IDN Times - Wali Kota Malang Sutiaji meninjau Pasar Oro-oro Dowo, Selasa (17/3). Dia mengecek ketersediaan fasilitas cuci tangan meliputi wastafel hingga hand sanitizer. Upaya tersebut sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19.

1. Pantau tempat-tempat umum yang banyak orang

Wali Kota Malang Cek Fasilitas Cuci Tangan di Pasar Oro-oro DowoSutiaji melihat secara langsung kebutuhan pokok di Pasar Oro-Oro Dowo. IDN Times/ Humas Pemkot

Saat ini Pemkot Malang memang terus meningkatkan kewaspadaan di berbagai tempat. Terutama di tempat-tempat umum yang banyak orang.

"Kegiatan ini harus terus lakukan untuk memastikan bahwa fasilitas di Pasar Oro-oro Dowo dan juga pasar lainnya cukup aman. Sehingga masyarakat pun terhindar dari virus Covid-19," terang Sutiaji.

2. Pastikan alat untuk berbelanja steril

Wali Kota Malang Cek Fasilitas Cuci Tangan di Pasar Oro-oro DowoWali Kota Malang beserta jajaran melakukan pengecekan ketersediaan bahan pokok di pasar. IDN Times/ Humas Pemkot

Sutiaji menambahkan, berbagai fasilitas seperti keranjang belanja, kursi, meja dan lainnya harus steril. Disinfektan juga akan disemprot di sejumlah pasar. 

"Budaya untuk mencuci tangan pakai sabun juga akan terus diedukasi kepada masyarakat. Paling minim 1 jam sekali masyarakat harus cuci tangan pakai sabun," tambahnya.

Baca Juga: Antisipasi Penyebaran Corona, Pemkot Malang Batasi Akses Keluar Masuk

3. Juga untuk pantau harga kebutuhan pokok

Wali Kota Malang Cek Fasilitas Cuci Tangan di Pasar Oro-oro DowoIlustrasi gula pasir di pasar (IDN Times/Shemi)

Selain itu, tinjauan pasar yang dilakukan oleh Sutiaji beserta jajarannya juga bertujuan untuk memantau harga dan ketersediaan bahan pokok. Sebab, harga komoditas bahan pokok seperti gula hingga empon-empon mengalami kenaikan. Stok terbatas ditengarai menjadi penyebab naiknya sejumlah komoditas tersebut.

4. Minta masyarakat tak panic buying

Wali Kota Malang Cek Fasilitas Cuci Tangan di Pasar Oro-oro DowoIlustrasi belanja (IDN Times/Sunariyah)

Satu hal yang juga ditekankan Sutiaji adalah meminta masyarakat tetap tenang. Ia meminta agar masyarakat tak perlu panic buying. 

"Kami akan terus lakukan pemantauan ketersediaan barang pokok di pasar-pasar tradisional," tandasnya. 

Baca Juga: Pemkot Malang Konfirmasi Ada Tiga Pasien Dalam Pengawasan Corona 

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya