Vitamin Sampai Siraman Rohani, Cara Pemkot Batu Jaga Pasien Corona

Kondisi 24 orang di shelter semakin baik

Batu, IDN Times - Satgas COVID-19 Kota Batu memastikan bahwa kondisi 24 pasien positif COVID-19 yang menjalani isolasi di shelter dalam kondisi bagus. Pasien positif COVID-19 yang menjalani isolsi di dalam shelter tersebut merupakan pasien positif COVID-19 dari Desa Giripurno, Kota Batu. Kondisi kesehatan mereka yang diisolasi tersebut terus dimonitor oleh Satgas COVID-19 sebelum nantinya bakal diswab test lagi untuk melihat perkembangan kondisi pasien. 

1. Sudah lakukan rontgen torax

Vitamin Sampai Siraman Rohani, Cara Pemkot Batu Jaga Pasien CoronaIlustrasi virus corona. Dok. IDN Times

Menurut Jubir Satgas COVID-19 Kota Batu, M Chori menjelaskan bahwa pada hari Sabtu pekan lalu, tim Satgas COVID-19 sudah melakukan rontgen torax dan pemeriksaan laborataorium lengkap. Pasien juga diperiksa langsung oleh dokter spesialis. Hasilnya secara umum, kondisi seluruh pasien dalam kondisi bagus. 

"Selanjutnya untuk meningkatkan kondisi fisik dan kebugaran, setiap pagi dilakukan senam aerobik ceria dengan instruktur senam," terangnya Kamis (11/6). 

Baca Juga: Usai Karantina Lokal, Pemkot Batu Siapkan PSBL untuk Giripurno

3. Bakal berikan siraman rohani

Vitamin Sampai Siraman Rohani, Cara Pemkot Batu Jaga Pasien CoronaIlustrasi Covid-19/IDNTIMES

Dalam waktu dekat, Satgas COVID-19 juga menyiapkan dukungan moril kepada para pasien. Satgas COVID-19 berencana untuk menggandeng pemuka agama untuk memberikan siraman rohani kepada pasien. Hal itu dilakukan untuk memberikan ketenangan batin kepada pasien selama menjalani penyembuhan atas COVID-19. Saat ini hal itu sedang dalam tahap pematangan termasuk untuk membuat skema penyampaian agar efektif. 

"Saat ini sedang dijajaki untuk diberikan siraman rohani kerjasama dengan Kemenag Kota Batu," tambahnya. 

3. Berikan extra fooding serta multivitamin

Vitamin Sampai Siraman Rohani, Cara Pemkot Batu Jaga Pasien Coronafirstclasse.com.my

Berikutnya untuk meningkatkan imun dan gizi pasien, Satgas COVID-19 menyediakan makanan 3 kali sehari. Kemudian juga diberikan 2 kali extra fooding serta multivitamin bagi pasien. Seluruh fasilitas tersebut diberikan untuk mensupport agar para pasien bisa semakin cepat sembuh dan lebih maksimal. 


"Hari senin kemarin sudah dilakukan swab kontrol," sambungnya. 

4. Pasien sembuh tetap harus jaga pola hidup sehat

Vitamin Sampai Siraman Rohani, Cara Pemkot Batu Jaga Pasien CoronaPexels.com/cottonbro

Sejauh ini dari 39 pasien positif COVID-19, empat pasien dinyatakan sudah sembuh. Jumlah tersebut bertambah satu orang dari sebelumnya hanya tiga orang. Secara umum bagi pasien yang dinyatakan sembuh berarti kondisinya sudah sehat. Namun, mereka tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat serta mengikuti protokol kesehatan. 

"Protokol kesetan seperti sering cuci tangan, pakai masker, jaga jarak masih tetap harus dipatuhi," tandasnya. 

Baca Juga: Tak Ajukan PSBB, Pemkot Batu Tetap Siapkan Shelter Penampungan 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya