Viral Tagihan Listrik Melonjak Hingga Rp20 Juta, Begini Ceritanya

Pengusaha las itu pun terpaksa tetap membayarnya

Malang, IDN Times - Baru-baru ini sebuah kisah tagihan listrik yang membengkak viral di media sosial. Cerita itu dialami oleh Teguh Wuryanto, warga Lawang, Kabupaten Malang yang sehari-hari bekerja sebagai bengkel las listrik.

Awalnya, tagihan listrik Teguh Wuryanto hanya berada pada kisaran Rp985 ribu hingga Rp 2,2 juta per bulan. Namun, betapa terkejutnya dia saat mengetahui tagihan listriknya mencapai Rp20.158.686 pada bulan Mei. Ia pun membagikan ceritanya di sebuah grup Facebook yang kemudian viral.

1. Tagihan membengkak pada bulan Mei

Viral Tagihan Listrik Melonjak Hingga Rp20 Juta, Begini CeritanyaFacebook.com

Menurut Teguh, PLN mengganti Kwh meternya pada bulan Januari 2020. Selama periode Februari, Maret dan April, tagihan yang harus dibayarkan masih sama dengan bulan sebelumnya. Baru pada bulan Mei tagihan membengkak.

Berdasarkan keterangan yang ia dapatkan dari PLN, sebenarnya tagihan listrik mulai membangkak sejak Februari. Namun karena PSBB, maka selama periode Maret dan April tidak ada pemeriksaan dari petugas. Akibatnya, sisa tagihan yang belum terbayarkan dibebankan pada bulan Mei.

"Pada masa PSBB itu tagihan listrik masih normal seperti bulan-bulan sebelumnya," papar Teguh, saat dihubungi IDN Times, Kamis (11/6). 

2. Putuskan untuk tetap membayar tagihan

Viral Tagihan Listrik Melonjak Hingga Rp20 Juta, Begini CeritanyaSimulasi perhitungan tagihan listrik. Dokumentasi PLN

Meskipun cukup berat, Teguh mengakui bakal tetap membayar tagihan tersebut. Namun, untuk proses pembayarannya, ia mengambil skema cicilan yang ditawarkan oleh PLN. Menurutnya, banyak pertimbangan yang membuat dirinya memilih untuk tetap membayar tagihan baru tersebut. Salah satunya adalah faktor pekerjaan. Dirinya tak ingin apa yang terjadi itu menghambat pekerjaannya sebagai pengusaha bengkel las listrik. 

"Tentu saya tidak boleh egois dan memikirkan diri sendiri. Ada para pekerja yang juga harus saya pikirkan nasibnya. Belum lagi semakin banyak pekerjaan yang semakin menumpuk. Solusi tersebut merupakan hal yang paling cepat agar saya bisa bekerja kembali," tambahnya. 

3. PLN Malang sudah temui pelanggan Teguh

Viral Tagihan Listrik Melonjak Hingga Rp20 Juta, Begini CeritanyaWarga memeriksa meteran listrik di kompleks rumah susun (Rusun) Petamburan, Jakarta, Minggu (7/6/2020). ANTARA FOTO/Reno Esnir/aww

Sementara itu, Manager UP3 PLN Malang, Mohammad Eryan Saputra membenarkan bahwa ada pengaduan yang masuk terkait kenaikan tarif yang lebih besar dari biasannya. Ia menjelaskan bahwa meteran listrik milik pelanggan atas nama Teguh Wuryanto itu sehari-hari digunakan untuk usaha bengkel las.

Beberapa peralatan bengkel seperti mesin bubut, las dan peralatan bengkel lainnya juga menggunakan listrik meteran dengan dayanya adalah 12/23 kVA. 

"Kemarin berkunjung ke sana dan sekalian bersama-sama pelanggan memeriksa kondisi kWh meter yang digunakan untuk pengukuran energi, dan instalasi di sisi pelanggan. Dari pemeriksaan bersama, terdapat beberapa mesin, di antaranya mesin bubut, las listrik, dan mesin-mesin lainnya yang digunakan untuk melayani pesanan jasa bengkelnya," bebernya. 

4. Peremajaan Kwh meter merupakan program rutin

Viral Tagihan Listrik Melonjak Hingga Rp20 Juta, Begini CeritanyaSimulasi perhitungan tagihan listrik PLN (Dok. PLN)

Lebih jauh, Eryan menambahkan bahwa peremajaan kWh meter merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh PLN. Peremajaan terutama ditujukan kWh meter yang lama, buram, dan yang rusak, dan ini berlaku untuk semua pelanggan.

Menurut Eryan, saat penggantian, PLN tidak mengganti kapasitor karena merupakan salah satu peralatan yang dipasang pelanggan sendiri. Menurut informasi dari pelanggan kapasitor yang ada sudah dipasang sejak 23 tahun yang lalu.

"Bisa jadi kwh meter yang lama sudah tidak presisi lagi pengukurannya. Jadi saat dipasang kwh meter baru presisi pengukuran sesuai dengan pemakaian pelanggan. Kapasitor yang digunakan pelanggan saat kami periksa sudah tidak berfungsi. Hal itu mengakibatkan ketika mesin beroperasi penggunaan daya reaktifnya (kVARh) meningkat dan itu tercatat di APP kami," jelasnya.

Baca Juga: Program Listrik Gratis Bikin Tagihan Naik? Ini Kata PLN

5. Sepakat berikan keringan tenggat waktu

Viral Tagihan Listrik Melonjak Hingga Rp20 Juta, Begini CeritanyaIlustrasi Meteran Listrik. IDN TImes/Hana Adi Perdana

Setelah kunjungan tersebut, Eryan menyebut bahwa pihak PLN dan pelanggan sudah berdiskusi dan sepakat bahwa untuk keluhan tentang meningkatnya tagihan, disepakati dilakukan pembayaran dengan skema cicilan. Hal itu untuk meringankan beban dari pelanggan agar bisa tetap membayar tagihan listrik sesuai dengan yang terhitung. 

"Disepakati untuk pembayaran tagihan dilakukan dengan skema cicilan," pungkasnya. 

Baca Juga: Jeritan Pelanggan PLN Jatim, Tagihan Listrik Naik 300 Persen

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya