TNI, Polri dan Pemda Gunakan Drone untuk Penyemprotan Disinfektan 

Penyemprotan dilakukan di wilayah Sengkaling

Malang, IDN Times - Pencegahan penyebaran Virus Covid-19 di wilayah Malang Raya terus di lakukan semaksimal mungkin. Kali ini, tim gabungan  Korem 083/Baladhika Jaya dan Polri dan Forkopimda melakukan penyemprotan di kawasan Dau, Sengkaling, Kabupaten Malang. 

1. Gunakan drone untuk semprotkan disinfektan

TNI, Polri dan Pemda Gunakan Drone untuk Penyemprotan Disinfektan Penyemprotan disinfektan terus dilakukan untuk mencegah penyebaran Virus Corona. Dok/ Humas Korem Baladhika Jaya

Yang berbeda adalah, tim gabungan juga melibatkan drone untuk melakukan penyemprotan disinfektan. Drone tersebut merupakan bantuan dari Universitas Muhammadiyah Malang. Di kawasan Dau, Sengkaling sendiri beberapa waktu lalu terdapat satu orang yang dinyatakan positif Covid-19. 

Komandan Korem 083/ Baladhika Jaya, Kolonel Inf Zainuddin menjelaskan bahwa drone biasanya digunakan untuk keperluan penyemprotan insektisida di sektor pertanian. 

"Sebenarnya ini untuk pertanian. Tetapi kali ini semua alat memang harus di kerahkan. Kami harus berpacu dengan waktu untuk menekan agar korban tidak semakin banyak. Maka semua cara akan kami lakukan," paparnya, Selasa (24/3).

2. Juga semprot beberapa lokasi lain

TNI, Polri dan Pemda Gunakan Drone untuk Penyemprotan Disinfektan Drone turut dilibatkan untuk penyemprotan disinfektan. Dok/ Humas Korem Baladhika Jaya

Penyemprotan yang dilakukan pada Selasa (24/3) pagi dipusatkan pada pemukiman padat penduduk di Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Namun demikian, ada berberapa titik lain yang juga akan dilakukan penyemprotan.

Lebih jauh, Zainuddin mengatakan penggunaan drone untuk penyemprotan disinfektan ini efektif dilakukan di area perkampungan yang padat penduduk. Sebab dengan drone, area yang sulit dijangkau bisa diakses dengan mudah. 

"Kami juga bisa arahkan seperti misalnya ke banyak kabel-kabel. Ini sangat efektif untuk perkampungan," katanya.

Baca Juga: Ditjen PAS: Penyelundupan Narkoba di Lapas dan Rutan Kini Pakai Drone

3. Akan kembali gunakan drone untuk wilayah yang susah aksesnya

TNI, Polri dan Pemda Gunakan Drone untuk Penyemprotan Disinfektan Tim gabungan terus melakukan penyemprotan disinfektan menggunakan drone. Dok/ Humas Korem Baladhika Jaya

Di sisi lain, Zainuddin mengakui bahwa penyemprotan disinfektan ini merupakan pertama kalinya di wilayahnya. Pemanfaatan drone untuk penyemprotan disinfektan akan terus dilakukan hingga kondisi wabah corona telah dinyatakan tuntas sepenuhnya oleh pemerintah pusat. 

"Kami sangat berterima kasih kepada teman-teman dan drone Universitas Muhammadiyah Malang. Kami akan terus bekerja untuk masyarakat," pungkasnya.

Baca Juga: Ingin Merata, Risma Semprot Disinfektan ke Kota Surabaya dengan Drone

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya