Tahun Ini, Kota Malang Ditarget Bebas Jalan Berlubang  

Tenane?

Malang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mulai merespons keluhan masyarakat akan banyaknya jalan berlubang. Respons tersebut berupa perbaikan serta pengaspalan dibeberapa ruas yang selama ini banyak ditemukan lubang.

Salah satu yang menjadi prioritas adalah Jalan IR Rais hingga mendekati area Bandulan. Adapun ruas Jalan Mayjend Pandjaitan, saat ini sudah selesai diaspal kembali. Hal itu membuat salah satu ruas jalan menuju kota Batu tersebut kembali mulus. 

1. Target tahun ini tak ada jalan berlubang

Tahun Ini, Kota Malang Ditarget Bebas Jalan Berlubang  IDN Times/ Alfi Ramadana

Saat ini, Pemkot melalui dinas Pekerjaan Umum memang terus mengebut perbaikan jalan. Beberapa ruas jalan yang sebelumnya banyak ditemui jalan berlubang sudah mulai mulus kembali. Bahkan Pemkot menargetkan tahun 2019 ini, kota Malang bisa terbebas dari jalan berlubang. 

"Kami harapkan nanti untuk PAK bisa diminimalisir. Sehingga tahun 2019 ini target kami sudah tidak ada jalan berlubang," beber Wali Kota Malang, Sutiaji. 

2. Terkendala masalah lelang

Tahun Ini, Kota Malang Ditarget Bebas Jalan Berlubang  IDN Times/ Alfi Ramadana

Meskipun demikian, Sutiaji tak menampik jika dalam proses pengerjaan tersebut terjadi beberapa kendala. Terutama untuk masalah lelang. Akan tetapi, ia berkomitmen bahwa masalah jalan berlubang yang selama ini meresahkan masyarakat kota Malang tersebut bisa segera teratasi. 

"Memang masih ada sedikit kendala untuk masalah lelang. Terutama terkait dengan aturan Permen PUPR No 7 tahun 2019. Tetapi, kami upayakan tahun ini masalah jalan berlubang bisa selesai," tambahnya. 

Baca Juga: Jalan Berlubang, Warga Malang Lakukan Aksi Kumpul Koin

3. Proses lelang harus sesuai standart

Tahun Ini, Kota Malang Ditarget Bebas Jalan Berlubang  IDN Times/ Alfi Ramadana

Sutiaji menilai dalam proses lelang tak boleh dilakukan sembarangan. Semua harus sesuai aturan yang tertuang dalam Peraturan Menteri (Permen) PUPR no 7 tahun 2019. Pada Permen tersebut banyak hal-hal baru yang ditetapkan dan sedikit berbeda dari sebelumnya.

Semisal ketika satu paket lelang sudah menemukan pemenang, tetapi apabila rekanan belum sesuai dengan spekulasi serta standart , maka bisa saja pemenang tersebut dibatalkan. 

"Semua harus jelas dan sesuai standart. Bahkan untuk hal terkecil juga turut diatur," sambungnya. 

4. Maksimalkan digitalisasi informasi

Tahun Ini, Kota Malang Ditarget Bebas Jalan Berlubang  IDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara itu, Pemkot Malang juga kini mencanangkan untuk digitalisasi informasi. Sehingga kedepan masyarakat bisa langsung melihat dengan mudah apa saja program yang dikerjakan pemerintah kota Malang. Termasuk juga untuk perbaikan jalan tersebut. Nantinya masyarakat bisa mengetahui dengan mudah, titik mana saja, angarannya berapa serta progress pengerjaanya seperti apa. 

"Tidak hanya melalui website. Nantinya juga kami akan memanfaatkan videotron untuk memperlihatkan program-program tersebut. Sehingga bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat dan mereka bisa turut mengawasi," pungkasnya.

Baca Juga: Sepasang Lansia di Malang Kaget Dapat Kiriman Ikan dari Menteri Susi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya