Semeru Erupsi, 6 Kecamatan di Kabupaten Malang Hujan Abu

Material abu bercampur dengan air hujan

Malang, IDN Times - Erupsi Gunung Semeru juga dirasakan oleh warga Kabupaten Malang, Sabtu (4/12/2021). Sedikitnya 6 kecamatan di Kabupaten Malang terkena hujan abu vulkanik dari erupsi tersebut. 

1. Hujan abu bercampur dengan air hujan

Semeru Erupsi, 6 Kecamatan di Kabupaten Malang Hujan AbuGunung Semeru meletus (dok. BNPB)

Plt Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan menjelaskan bahwa 6 kecamatan yang terdampak hujan abu vulkanik tersebut diantaranya adalah Ampelgading, Tirtoyudo, Wajak, Gondanglegi, Jabung dan Poncokusumo. Meskipun hanya hujan abu, masyarakat diminta untuk waspada lantaran abu bercampur dengan air hujan. "Kebetulan memang bersamaan dengan turunya abu vulkanik, hujan deras juga mengguyur wilayah-wilayah tersebur," paparnya Sabtu (4/12/2021) petang.

Baca Juga: Diterjang Lahar, Jembatan Penghubung Malang-Lumajang Putus

2. Tidak semua wilayah terdampak parah

Semeru Erupsi, 6 Kecamatan di Kabupaten Malang Hujan AbuGunung Semeru meletus (dok. BNPB)

Sadono menambahkan bahwa tidak semua wilayah di kecamatan tersebut terdampak. Tidak semua wilayah yang dekat dengan kaki Gunung Semeru terkena hujan abu vulkanik. Seperti di kawasan Ampelgading, titik paling tebal dari abu vulkanik berada di wilayah kota kecamatan. "Jadi memang tidak merata. Tadi beberapa kawan sudah keliling ke desa-desa. Area yang agak tebal abu vulkaniknya justru di kota kecamatan. Sementara yang mendekati kaki Gunung Semeru malah tipis material abunya," imbuh Sadono. 

3. Belum ada laporan rumah rusak

Semeru Erupsi, 6 Kecamatan di Kabupaten Malang Hujan AbuGunung Semeru meletus (dok. PVMBG)

Saat ini, Sadono menyebut bahwa dampak abu vulkanik yang menimpa beberapa wilayah di Kabupaten Malang tersebut belum dinyatakan sebagai bencana. Namun demikian, BPBD Kabupaten Malang juga masih melakukan penyisiran dan inventarisir. Namun, hingga saat ini belum ada laporan rumah rusak karena hujan abu vulkanik ini. 

"Untuk dampak di Malang belum masuk kategori bencana untuk. Tetapi kalau di Lumajang mungkin beda. Karena memang Kabupaten Malang tidak terdpak langsung baik dari lava pijar maupun lahar dingin. Kemudian di Kabupaten Malang juga tidak ada pengungsian," tandasnya. 

Baca Juga: [BREAKING] Semeru Erupsi, Desa Sumberwuluh Lumajang Gelap Gulita

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya