Sembunyikan Sabu di Dalam Kotak yang Mirip Kamus, Dua Pengedar Dibekuk

Sayang, tetep aja gak bisa ngibulin polisi

Malang, IDN Times - Polsek Lowok Waru, Kota Malang menangkap dua orang pengedar sabu-sabu. Keduanya berinisial ESI dan YI. Mereka ditangkap di rumahnya masing-masing dengan penyitaan beberapa barang bukti. 

1. Berawal dari penangkapan anak di kawasan Gor Ken Arok

Sembunyikan Sabu di Dalam Kotak yang Mirip Kamus, Dua Pengedar DibekukKepolisian menunjukkan barang bukti narkoba. IDN Times/ Alfi Ramadana

Pengungkapan tersebut berawal dari penangkapan seorang remaja perempuan di sekitar GOR Ken Arok pada 29 Januari lalu. Dari penangkapan tersebut, kepolisian berhasil memperoleh keterangan.

Keesokan harinya, tim dari Polsek Lowokwaru berhasil menangkap YI di rumahnya kawasan Wajak, Kabupaten Malang. Tak hanya itu saja, polisi juga menangkap ESI di Wajak. 

"Keduanya ditangkap di rumahnya masing-masing lengkap dengan barang buktinya," beber Kapolresta Malang Kota Kombes Pol, Leonardus Simarmata, Senin (3/2).

2. Sita berbagai macam barang bukti

Sembunyikan Sabu di Dalam Kotak yang Mirip Kamus, Dua Pengedar DibekukBarang bukti narkoba yang disita dari ESI dan YI. IDN Times/ Alfi Ramadana

Dari dua tersangka tersebut polisi berhasil mengamankan berbagai macam barang bukti. Beberapa di antaranya adalah 4 klip sabu-sabu siap edar dari tersangka YI. Sementara dari tangan ESI, polisi menyita 1,6 ons sabu, 1,2 kg ganja, dan 87.800 pil dobel L. Barang-barang tersebut disita polisi setelah melakukan penggeledahan di rumah tersangka. 

"Info yang kami dapatkan, barang-barang ini didapat tersangka dari Caruban dari seseorang bernama pak Tani," tambahnya. 

Baca Juga: Polres Pasuruan Tangkap Tiga Orang Pengedar Ganja di Dua Tempat

3. Gunakan boks menyerupai kamus untuk kelabui petugas

Sembunyikan Sabu di Dalam Kotak yang Mirip Kamus, Dua Pengedar DibekukBox menyerupai kamus digunakan pelaku untuk mengelabui petugas. IDN Times/ Alfi Ramadana

Untuk mengelabui petugas, tersangka menggunakan sebuah boks yang menyerupai kamus bahasa Inggris. Menurut keterangan polisi, pelaku membeli boks tersebut di dunia maya.

"Kalau dilihat dari luar memang seperti kamus bahasa Inggris. Tetapi ketika dibuka di dalamnya ada kotak yang juga bisa dikunci. Barang ini didapat pelaku dari internet," sambung Leo. 

4. Terancam 20 tahun penjara

Sembunyikan Sabu di Dalam Kotak yang Mirip Kamus, Dua Pengedar DibekukPelaku pengedar narkoba terancam 20 tahun penjara. IDN Times/ Alfi Ramadana

Atas perbuatanya, kedua tersangka itu dikenakan pasal 114 ayat 1, 112 ayat 2 dan 111 ayat 2. Ancaman hukuman yang dikenakan kepada tersangka adalah 20 tahun penjara. Saat ini kepolisian masih mengembangkan kasus ini dan berusaha untuk mengejar pemasok barang haram tersebut. 

"Sebelumnya untuk tersangka ESI ini sudah pernah terkena kasus serupa. Namun, yang memproses adalah Polres Kabupaten Malang," tandasnya. 

Baca Juga: Musnahkan 28 Kg Sabu-sabu, Polisi Juga Tembak Dua Pelaku

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya