Selesaikan Masalah Sampah, Pemkot Malang Sebar Relawan

Yang penting dari warga masing-masing dulu sih

Malang, IDN Times - Permasalahan sampah di Kota Malang masih sangat komplek. Bahkan baru-baru ini TPA Supit Urang kembali mengalami kebakaran. Hal itu lantaran TPA Supit Urang tak mampu menampung volume sampah yang semakin tinggi.  Melihat hal tersebut, Pemkot Malang melalui Dinas Lingkungan Hidup mencoba mengajak masyarakat untuk turut bergerak dalam mengurangi sampah. 

1. Tidak mudah wujudkan kota bebas sampah

Selesaikan Masalah Sampah, Pemkot Malang Sebar RelawanIDN Times/ Alfi Ramadana

Hal itu disampaikan bahwa PLT Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Diah Ayu Kusumadewi mengakui bahwa tidak mudah mewujudkan kota bersih bebas sampah. Apalagi saat ini masih banyak masyarakat yang belum menyadari bahwa sampah merupakan sebuah permasalahan yang harus diselesaikan. 

"Untuk bisa menciptakan kota yang bersih tidak cukup hanya dari instansi saja. Tetapi perlu juga peran serta dari masyarakat untuk bisa membantu," bebernya. 

2. Mulai dari hal kecil

Selesaikan Masalah Sampah, Pemkot Malang Sebar RelawanIDN Times/ Alfi Ramadana

Untuk itu, pihaknya mengakui untuk membangun kebiasaan yang baru memerlukan waktu. Namun Ia menyebut bahwa mengubah cara berfokir bisa melalui hal-hal kecil yang dinilai selama ini banyak menghasilkan sampah. 

"Semisal penggunaan tempat kertas untuk wadah gula di penginapan. Mungkin akan lebih baik jika ditaruh di toples dan diberi sendok. Ini cobtoh kecil yang harus dimulai dari diri sendiri, nggak sulit sebetulnya cuma butuh kemauan," imbuh dia.

Baca Juga: Di Banyuwangi, Ngopi Bisa Bayar dengan Sampah

3. Siapkan relawan di setiap kelurahan

Selesaikan Masalah Sampah, Pemkot Malang Sebar RelawanIDN Times/ Alfi Ramadana

Langkah lain yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup adalah dengan menyebar relawan di setiap kelurahan. Nantinya para relawan ini akan bertugas mengajak masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Termasuk juga melakukan kajian untuk penambahan tempat penampungan sementara (TPS) jika diperlukan. 

"Sekarang kami memang masih berupa imbauan. Tetapi nantinya juga akan ditingkatkan untuk pengolahan sampah," jelasnya. 

4. Pengolahan sampah masih jadi PR

Selesaikan Masalah Sampah, Pemkot Malang Sebar RelawanIDN Times/ Alfi Ramadana

Saat ini, yang menjadi pekerjaan rumah dalam masalah sampah adalah terkait pengolahan. Pasalnya masih banyak sampah yang hanya dibuang begitu saja tanpa coba dimanfaatkan. 

"Ini masih menjadi PR kita. Nantinya kedepan akan terus diupayakan agar membuang sampah sekaligus memilah," tandasnya. 

Baca Juga: TPA Supit Urang Terbakar Lagi, Sutiaji: Perlu Pemanfaatan Gas Metan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya