Selama PPKM Darurat, 6 Satwa di Secret Zoo Melahirkan 

Ada yang melahirkan kembar

Batu, IDN Times - Secret Zoo, Kota Batu mendapat trambahan koleksi Satwa selama PPKM darurat hingga level 1-4 diberlakukan. Tambahan koleksi satwa tersebut didapat lantaran beberapa indukan satwa yang ada di Secret Zoo melahirkan.

Tercatat ada enam kelahiran yang terjadi di Secret Zoo sejak awal PPKM darurat hingga kini. Enam kelahiran tersebut masing-masing adalah primata kecil berjenis Red-Handed Tamarin dan White Footed Tamarin, monyet mini atau Pygmy Marmoset, monyet berjenis Colobus Monkey, zebra jenis Chapman Zebra, serta berang-berang jenis Small Clawed Otter. 

1. Proses breeding secara alami

Selama PPKM Darurat, 6 Satwa di Secret Zoo Melahirkan Anakan Chapman Zebra yang juga lahir pada saat awal PPKM Darurat berlaku. IDN Times/Alfi Ramadana

Dokter hewan Batu Secret Zoo, Roosy Margaretha Riupassa menjelaskan, dari semua satwa yang mengalami kelahiran tersebut proses pembiakannya berjalan alami. Sebab, sejumlah satwa yang melahirkan tersebut memiliki pejantan yang hidup satu kandang. 

"Semuanya alami mulai dari proses kawin sampai kelahiran," paparnya Kamis (5/8/2021). 

2. Beberapa jenis hewan mengalami kelahiran kembar

Selama PPKM Darurat, 6 Satwa di Secret Zoo Melahirkan animalspot.net

Roosy menambahkan bahwa kini koleksi satwa di Batu Secret Zoo semakin banyak. Sebab, beberapa satwa mengalami proses kelahiran kembar. Setidaknya, ada tiga koleksi yang mengalami kelahiran kembar, yakni masing-masing adalah Red Hand Tamarin, White footed Tamarin dan Pygmy marmoset. Ketiganya merupakan kategori primata kecil di dunia. 

"Dari tiga satwa yang melahirkan kembar ini jenisnya primata kecil dan bukan khas Indonesia. Tentu ini sebuah prestasi luar biasa," katanya. 

3. Colobus Monkey hanya ada di Batu Secret Zoo

Selama PPKM Darurat, 6 Satwa di Secret Zoo Melahirkan Colobus monkey koleksi Secret Zoo bertambah satu ekor setelah seekor indukan melahirkan. IDN Times/Alfi Ramadana

Sementara itu, untuk jenis satwa primata Colobus Monkey kini jumlahnya bertambah menjadi 6 ekor. Hal iti setelah salah satu indukan primata yang berasal dari Afrika itu melahirkan bayi. Menariknya saat masih bayi, warna bulu dari Colobus Monkey sendiri lebih didominasi putih. Tetapi setelah beranjak dewasa akan berubah menjadi hitam dengan surai berwarna putih pada ekornya. 

"Perbedaan warna itu untuk kamuflase dari predator saat berada di alam liar," sambungnya. 

Baca Juga: Buaya yang Tertangkap Warga Dititipkan ke Maharani Zoo

4. Tetap perhatikan satwa koleksi dengan baik

Selama PPKM Darurat, 6 Satwa di Secret Zoo Melahirkan Anakan Chapman Zebra yang menambah koleksi Batu Secret Zoo. IDN Times/Alfi Ramadana

Terlepas dari itu, meskipun belum beroperasi lagi lantaran masih PPKM, pengelola Batu Secret Zoo tetap memberikan perhatian luar biasa kepada satwa koleksi, mulai dari pakan, kesehatan dan kebersihan kandang. Selain itu, pengelola Secret Zoo juga ikut membantu upaya pelestarian sejumlah satwa yang sudah terancam punah. Salah satunya adalah dengan mengupayakan breeding pada satwa koleksi.

Baca Juga: Ikon Batu Secret Zoo Hancur Akibat Gempa

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya