Sambut Musim Liburan, Jatim Park 2 Tambah Koleksi Hewan 

Jatim Park 2 kini miliki koleksi Komodo

Batu, IDN Times - Liburan telah tiba. Momen hari libur tersebut biasanya banyak digunakan oleh masyarakat selain bersilaturahmi dengan keluarga juga untuk berlibur. Maka tak hampir bisa dipastikan tempat-tempat wisata banyak menyiapkan hal baru untuk para wisatawan. Tak terkecuali untuk Secret Zoo di Jatim Park 2. Memasuki musim liburan kali ini Secreet Zoo memiliki koleksi baru. Koleksi tersebut adalah dua ekor Komodo jantan. 

1. Titipan dari tim BKSDA

Sambut Musim Liburan, Jatim Park 2 Tambah Koleksi Hewan IDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih jauh koleksi terbaru tersebut merupakan titipan dari BKSDA. Namun resmi menjadi hewan koleksi Secret Zoo adalah pada tahun 2018. Kini pihak Secret Zoo memberikan tempat baru yang lebih luas bagi Komodo tersebut. 

"Ketika pertama kali datang ke sini usianya masih sekitar 2 tahunan. Sebelumnya kandangnya lebih kecil dan sekarang coba kami berikan kandang lebih besar," ucap Priska Dwi Restanti, Dokter Hewan Jatim Park 2. 

2. Siapkan kembangbiakkan Komodo

Sambut Musim Liburan, Jatim Park 2 Tambah Koleksi Hewan IDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih jauh, pihak Secreet Zoo Jatim Park 2 nantinya akan berupaya mengembangbiakkan Komodo tersebut. Namun demikian, hal itu masih menunggu semuanya siap. Terutama adaptasi dari Komodo iti sendiri terhadap lingkunganya. 

"Mungkin nanti kami akan kerjasama dengn kebun binatang lain untuk mendatangkan betinanha ke sini. Sebab, dua ekor yang ada disini merupakan jantan semua," tambahnya. 

3. Sudah siap untuk perkembangbiakkan

Sambut Musim Liburan, Jatim Park 2 Tambah Koleksi Hewan IDN Times/ Alfi Ramadana

Di sisi laij, dari segi usia, koleksi Komodo milik Secreet Zoo Jatim Park 2 tersebut sudah siap untuk berkembang biak. Namun, saat ini dua ekor Komodo tersebut masih dalam tahap adaptasi terhadap lingkungan barunya. Sehingga masih perlu waktu sebelum mulai dikembangbiakkan. 

"Untuk kandang barunya ini memang lebih luas. Selain itu juga untuk kandang barunya ini tidak hanya dataran saja, tetapi juga ada pohon yang bisa digunakan untuk memanjat," paparnya. 

4. Kandang dibangun tertutup

Sambut Musim Liburan, Jatim Park 2 Tambah Koleksi Hewan IDN Times/ Alfi Ramadana

Tak hanya itu saja, untuk membuat Komodo merasa nyaman pihak pengelola sengaja menyiapkan kandang secara tertutup. Selain itu juga disiapkan lampu khusu di dalam kandang untuk menjaga kelembaban serta panas di dalam kandang. 

"Di sini kalau siang suhunya mencapai 25 derajat. Kalau di habitat aslinya suhu siang hari bisa mencapai diatas 3 derajat," tandasnya. 

Baca Juga: Sambut Lebaran, Jatim Park 3 Buka Wahana Baru Berkonsep Harry Potter

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya