Puncak Arus Balik, Stasiun Malang Alami Lonjakan Penumpang 10 persen

Lonjakan penumpang tak signifikan

Malang, IDN Times - Ribuan penumpang sudah tampak memadati Stasiun Kota Baru Malang, pada hari ke lima lebaran, Minggu (9/6). Kepadatan tersebut terjadi lantaran masyarakat sudah kembali bersiap untuk beraktifitas normal usai perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah. 

1. Terjadi lonjakan penumpang

Puncak Arus Balik, Stasiun Malang Alami Lonjakan Penumpang 10 persenIDN Times/ Alfi Ramadana

Meski tampak padat, namun lonjakan penumpang yang terjadidi stasiun Kota Baru Malang tak terlalu signifikan. Menurut Wakil Kepala Stasiun Kota Baru Malang, Fatkhul Burhanudin, hal itu dikarenakan sebagian penumpang memilih naik melalui stasiun transit. 

"Pada H+4 kemarin jumlah penumpang yang berangkat melalui Stasiun Kota Baru Malang mencapai 5670 per hari. Tidak terlalu banyak, namun jika dibanding tahun lalu ada peningkatan mencapai 10 persen," ucapnya. 

2. Tetap siapkan kereta tambahan

Puncak Arus Balik, Stasiun Malang Alami Lonjakan Penumpang 10 persenIDN Times/ Alfi Ramadana

Meskipun lonjakan penumpang tak terlalu tinggi, namun pihak KAI tetap menyertakan kereta tambahan. Hal itu, untuk mengantisipasi adanya kepadatan dibeberapa stasiun transit. Pasalnya banyak penumpang yang memilih untuk naik melalui stasiun transit. 

"Kereta tambahan sudah beroperasi sejak 26 Mei dan masih beroperasi sampai tanggal 18 Juni untuk KA Gajayana Lebaran. Sementara untuk KA Matarmaja Lebaran sampai tanggal 15 Juni," tambahnya. 

Baca Juga: Traveling dengan KA Gajayana, Ini 5 Tempat Wisata Dekat Stasiun Malang

3. Beda dengan saat Natal dan Tahun Baru

Puncak Arus Balik, Stasiun Malang Alami Lonjakan Penumpang 10 persenIDN Times/ Alfi Ramadana

Di sisi lain, arus mudik saat lebaran berbeda dengan ketika Natal dan Tahun Baru. Pada momen tersebut kebanyakan mereka yang tiba dan berangkat dari stasiun Kota Baru Malang adalah para wisatawan. Sementara kalau mudik lebaran lebih kepada para pekerja. 

"Kalau momen Natal, Tahun Baru, Malang ini merupakan tujuan wisata. Sehingga peningkatan lebih terasa. Sementara kalau lebaran ada persebaran sehingga lonjakan penumpang tak terlalu signifikan," paparnya. 

4. Jalan tol tak banyak pengaruhi penumpang

Puncak Arus Balik, Stasiun Malang Alami Lonjakan Penumpang 10 persenIDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih jauh, Burhanudin menilai bahwa keberadaan jalan tol yang sudah beroperasi tak banyak mempengaruhi fluktuasi penumpang. Pasalnya para penumpang tetap bisa memilih untuk menggunakan moda transportasi sesuai dengan kebutuhan mereka. 

"Dari data yang kami terima, tidak ada penurunan. Kereta api masih jadi moda transportasi umum pilihan karena cepat, nyaman dan bebas macet," tandasnya. 

Baca Juga: Beraksi Pagi Hari, Jambret di Stasiun Malang Dibekuk Warga

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya