Polres Malang Kota Berikan Pengamanan Ekstra Selama Lebaran 

Siagakan 420 personel untuk amankan lebaran

Malang, IDN Times - Polres Malang Kota menyiapkan pengaman ekstra selama musim mudik lebaran hingga arus balik. Tak kurang dari 420 personel bakal secara bergantian berjaga untuk mengamankan arus mudik hingga lebaran usai. 

1. Siagakan 18 personel untuk tiap pos PAM mudik

Polres Malang Kota Berikan Pengamanan Ekstra Selama Lebaran IDN Times/ Alfi Ramadana

Dari total 420 yang disiagakan oleh Polres Malang kota tersebut nantinya akan terbagi ke dalam beberapa sistem pengamanaan. Selain yang berjaga di setiap pos PAM sebanyak 18 orang secara bergantian, kepolisian juga menyiagakan personel untuk pos pelayanan dan patroli. 

"Nantinya para petugas akan secara bergantian menjaga dan patroli. Untuk Sasarannya tentu adalah orang, barang dan kegiatan," beber Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri.

2. Siap berikan pelayanan untuk masyarakat

Polres Malang Kota Berikan Pengamanan Ekstra Selama Lebaran IDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih lanjut, Asfuri menjelaskan bahwa fokus pengamanan tersebut adalah pada orang-orang yang akan mudik. Lalu juga untuk barang-barang bawaan para pemudik termasuk juga kegiatan keramaian selama masa mudik dan balik lebaran. 

"Kami juga siagakan personel di terminal, stasiun untuk bisa mengamankan mudik masyarakat. Termasuk juga menyiagakan para personel di area pusat perbelanjaan," jelasnya. 

3. Waspadai peningkatan kejahatan saat lebaran

Polres Malang Kota Berikan Pengamanan Ekstra Selama Lebaran IDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih jauh, pihak kepolisian juga meminta kepada masyarakat untuk lebih waspada saat lebaran. Pasalnya, potensi peningkatan kejahatan selama lebaran cukup tinggi. Apalagi banyak masyarakat yang tengah mudik. 

"Biasanya yang kerap terjadi adalah Curanmor, Curat karena banyak rumah kosong ditinggal mudik. Ini perlu diantisipasi dengan patroli dari anggota kepolisian, security maupun RT RW di lingkungan sekitar," tambahnya. 

Baca Juga: Lonjakan Penumpang, KAI Malang Operasikan Tiga Kereta Tambahan 

4. Siapkan antipasi kemacetan

Polres Malang Kota Berikan Pengamanan Ekstra Selama Lebaran IDN Times/ Alfi Ramadana

Selain masalah keamanan, kepolisian juga sudah menyiapkan skenario untuk antisipasi kemacetan. Pasalnya ketika memasuki musim lebaran biasanya kemacetan bisanya lebih sering terjadi. Untuk itu, pihak kepolisian sudah menyiapkan beberapa antisipasi untuk hal tersebut. 

"Di setiap traffict light kami siagakan personel untuk mengurai kemacetan. Termasuk juga jika memang diperlukan tindakan rekayasa maka akan kami lakukan," tandasnya. 

Baca Juga: Polres Malang Kota Ungkap 72 Kasus Selama Operasi Pekat Semeru 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya