Ditangkap, Terduga Pelaku Sebut Korbanlah yang Minta Dimutilasi

Aneh kan? Polisi minta bantuan psikiater

Malang, IDN Times - Polres Malang Kota menangkap terduga pelaku mutilasi di Pasar Besar, Rabu (15/5) sore. Terduga pelaku yang berinisial S (49) tersebut diamankan di sekitaran kawasan persemayaman yayasan Panca Budhi di Jl RE Martadinata.

Pihak kepolisian menangkapnya setelah melakukan pengembangan pada saat olah TKP kedua menggunakan anjing pelacak. 

1. Diamankan berdasarkan petunjuk pada tubuh korban

Ditangkap, Terduga Pelaku Sebut Korbanlah yang Minta DimutilasiIDN Times/ Alfi Ramadana

 Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri menjelaskan bahwa setelah menemukan beberapa petunjuk di lokasi kejadian, pihak kepolisian langsung melakukan penyelidikan. Salah satunya adalah memeriksa beberapa lokasi yang diduga pernah ditempati pelaku. Salah satunya adalah rumah warga di kawasan Jodipan. Di sana ditemukan tulisan-tulisan yang sama seperti di lokasi kejadian.

Setelah itu, polisi terus melakukan pengembangan dengan melacak keberadaan pelaku dibantu anjing pelacak. Berbekal baju yang ditemukan di sekitar TKP yang diduga milik korban dan pelaku, anjing pelacak mulai melakukan penyisiran.

Saat melewati tempat persemayaman yayasan Panca Budhi Jl RE Martadinata, anjing pelacak sempat berhenti, namun saat itu tak ada orang. Tak berselang lama petugas melihat ada seseorang yang sedang tertidur di depan persemayaman tersebut. Lalu dipanggil sesuai nama yang tertera pada telapak kaki korban. 

"Saat dipanggil menggunakan nama yang ada di petunjuk tersebut, terduga pelaku menoleh. Setelah itu oleh petugas langsung diamankan," ucapnya Rabu (15/5/2019).

2. Terduga pelaku baru mengenal korban

Ditangkap, Terduga Pelaku Sebut Korbanlah yang Minta DimutilasiIDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih lanjut, Asfuri menambahkan bahwa terduga pelaku dan korban baru mengenal sekitar sembilan hari yang lalu di depan klenteng Eng An Kiong. Saat itu, kondisi korban dalam keadaan sakit. Lalu oleh terduga pelaku, korban dibawa menuju Pasar Besar. Tak berapa lama, korban meninggal dunia di lokasi. Setelah tiga hari barulah oleh terduga pelaku, korban dimutilasi. 

"Dari pengakuan terduga pelaku, korban ini berasal dari Maluku dan saat bertemu dalam kondisi sakit. Dari kemaluan korban keluar cairan. Lalu setelah korban tiga hari korban meninggal dunia barulah oleh pelaku dilakukan mutilasi. Menurut pelaku, mutilasi dilakukan atas permintaan dari korban," tambahnya. 

3. Terduga pelaku mendapat bisikan ghaib

Ditangkap, Terduga Pelaku Sebut Korbanlah yang Minta DimutilasiIDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih jauh, Asfuri menjelaskan bahwa terduga pelaku melakukan mutilasi setelah korban meninggal selama tiga hari. Selain karena permintaan dari korban, terduga pelaku mengakui bahwa dirinya mendapat bisikan ghaib untuk melakukan mutilasi tersebut. 

"Keterangan yang kami dapat dari terduga pelaku bahwa melakukan mutilasi karena permintaan dari korban dan mendengar bisikan-bisikan ghaib. Kalau untuk motif dibalik mutilasi tersebut saat ini masih teru kami dalami," paparnya. 

4. Polisi akan panggil Psikiater

Ditangkap, Terduga Pelaku Sebut Korbanlah yang Minta DimutilasiIDN Times/ Alfi Ramadana

Saat ini polisi masih belum bisa mendapatkan keterangan lebih jauh dari terduga pelaku. Untuk memastikan kondisi kejiwaan pelaku, pihak kepolisian berencana untuk mendatangkan psikiater untuk mengetahui kondisi kejiwaan terduga pelaku. 

"Menurut informasi pelaku merupakan warga Jodipan. Dulunya pernah berkeluarga dan saat ini tidak memiliki istri," imbuhnya. 

5. Polisi masih tunggu hasil otopsi korban

Ditangkap, Terduga Pelaku Sebut Korbanlah yang Minta DimutilasiIDN Times/ Alfi Ramadana

Di sisi lain, polisi saat ini masih menunggu hasil identifikasi dari korban. Sebelum nantinya memutuskan apakah keterangan dati terduga pelaku sesuai dengan yang terjadi pada korban. 

"Yang pasti kami masih menunggu hasil labfor dan otopsi terhadap korban. Kami masih terus dalami apa motif dibalik kasus ini. Pasalnya terduga pelaku tidak menyebutkan identitas korban," tandasnya. 

Baca Juga: Cari Jejak Pelaku Mutilasi Pasar Besar, Polisi Turunkan Anjing Pelacak

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You