Peserta Tiga Daerah Ikuti Tes CPNS di Kota Malang 

Tes CPNS di Kota Malang akan dilakukan sepekan ke depan

Malang, IDN Times - Tes untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) resmi dimulai. Kota Malang kembali terpilih sebagai salah satu lokasi penyelenggara untuk tes CPNS 2020. Bertempat di Gedung Pertamina SMKN 2 Kota Malang, para peserta tes CPNS akan melakukan seleksi kompetensi dasar (SKD) selama sepekan ke depan secara bergantian. Tak hanya dari dalam kota, Malang juga menampung peserta dari daerah lain.

1.Sebanyak 1100 pelamar CPNS ikut tes di Kota Malang

Peserta Tiga Daerah Ikuti Tes CPNS di Kota Malang Petugas melakukan pemeriksaan kepada peserta tes CPNS. Dok/ Istimewa

Sedikitnya 1100 pelamar dari tiga wilayah yakni Kota Malang, Kabupaten Pasuruan dan Kota Pasuruan akan mengikuti tes CPNS di Kota Malang. Mereka akan berjuang untuk bisa menjadi abdi negara setelah nantinya dinyatakan lulus. Adapun jadwal tes dimulai pukul 08.00 WIB hingga 18.00 WIB. 

"Tes akan dilakukan secara bergantian mulai pagi hingga sore," papar Kabid Mutasi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Malang, M Arif, Senin (27/1). 

2. Ujikan 100 soal dalam 90 menit

Peserta Tiga Daerah Ikuti Tes CPNS di Kota Malang Ilustrasi tes sistem CAT seleksi CPNS. ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra

Arif mengatakan, tes CPNS kali ini masih menggunakan format yang sama dengan tahun sebelumnya. Para peserta tes harus mengerjakan 100 soal dalam waktu 90 menit menggunakan mekanisme Computer Assisted Test (CAT). Adapun 100 soal tersebut terdiri atas 35 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 35 soal Tes Intelegensia Umum (TIU) dan 30 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). 

"Setelah peserta selesai mengerjakan soal maka mereka akan langsung bisa melihat hasilnya. Kalau lulus bisa lanjut ke tes SKB," tambahnya. 

Baca Juga: Lulus Administrasi? Catat Nih Jadwal dan Lokasi Tes SKD CPNS Surabaya

3. Siapkan fasilitas dengan baik

Peserta Tiga Daerah Ikuti Tes CPNS di Kota Malang Ilustrasi tes sistem CAT seleksi CPNS. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

 Panitia lokal sendiri, kata Arif, sudah menyiapkan tempat serta beberapa peralatan untuk tes CPNS hari pertama. Beberapa fasilitas yang disiapkan seperti laptop hingga genset untuk antisipasi jika listrik padam. Tidak hanya itu saja, panitia memberikan tempat khusus bagi mereka yang sedang hamil. 

"Kami sudah siapkan 30 laptop dan 10 cadangan apabila ada kerusakan. Termasuk juga berkomunikasi dengan PLN untuk memastikan pasokan listrik aman," sambungnya. 

Sementara itu, untuk Kota Malang sendiri tahun ini membuka kuota sebanyak 335 formasi. Rinciannya adalah 148 tenaga pendidik, 101 tenaga kesehatan dan 86 untuk tenaga teknis non pelayanan dasar. 

Baca Juga: Ribuan Pelamar Berebut 164 Formasi CPNS Pemkot Madiun  

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya