Perketat Pengamananan, Pemkot Malang Siapkan 6 Lokasi Rapid Test

Rapid test dilakukan jika suhu tubuh di atas normal

Malang, IDN Times - Pemerintah Kota Malang serius untuk memerangi penyebaran virus corona. Melalui gugus tugas Satgas COVID-19, Pemkot Malang bersama dengan Polresta Malang Kota telah menyiapkan tempat untuk rapid test bagi para pendatang yang menuju Kota Malang.

Lokasi rapid test tersebut tersebar di 6 titik cek poin yang sudah tersedia, mulai Exit Tol Madyopuro, Stasiun Kota Malang, Terminal Arjosari, Terminal Landungsari, Jalur Perbatasan Kacuk Barat dan Jalur Perbatasan Karanglo. 

1. Siapkan masing-masing 20 alat rapid test

Perketat Pengamananan, Pemkot Malang Siapkan 6 Lokasi Rapid TestIlustrasi rapid test COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Dalam prosesnya, masyarakat yang akan masuk ke Kota Malang akan menjalani pemeriksaan kesehatan di posko check point. Pemeriksaan kesehatan meliputi cek suhu tubuh, hingga harus cuci tangan terlebih dahulu. Jika dalam pengecekan kesehatan, suhu tubuh melebihi 38 derajat, maka akan langsung dilakukan rapid test. Setiap posko cek point akan mendapat jatah 20 alat rapid test. Jika hasil rapid test reaktif maka secara otomatis pasien akan dibawa ke RS rujukan untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

"Ini merupakan hasil kerjasama dengan Pemerintah Kota Malang," papar Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata, Selasa (28/4). 

2. Catat alamat pendatang yang jalani rapid test

Perketat Pengamananan, Pemkot Malang Siapkan 6 Lokasi Rapid TestPexels.com/cottonbro

Sementara itu, Jubir Satgas COVID-19 Pemkot Malang, Husnul Mu'arif menjelaskan bahwa sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku, jika hasil rapid test orang tersebut hasilnya reaktif maka ia akan menjalani pemeriksaan swab. Tetapi jika non-reaktif maka yang bersangkutan akan dicatat alamat rumahnya.  

"Setelah 10 hari kami akan lakukan rapid test kedua untuk memastikan bahwa ia tidak terinfeksi virus corona," katanya. Untuk memaksimalkan upaya pemeriksaan kesehatan tersebut, Pemkot Malang tengah menyiapkan 2000 alat rapid test. 

Baca Juga: Viral Larangan Kos di Malang Terima Tenaga Medis, Ini Kata Ketua RW 

3. Minta masayarakat tak lengah

Perketat Pengamananan, Pemkot Malang Siapkan 6 Lokasi Rapid TestPemkot Malang sudah ajukan permohonan pemberlakuan PSBB. Dok/ Humas Pemkot Malang

Di sisi lain, Wali Kota Malang, Sutiaji berharap masyarakat tidak lengah dan menganggap remeh virus corona. Pasalnya siapa saja bisa terpapar virus corona jika tidak waspada dan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Sutiaji juga meminta kepada masyarakat untuk bisa menahan diri agar tidak mudik terlebih dahulu. Juga untuk tetap melakukan segala aktifitas di dalam rumah sampai pandemik ini berakhir. 

Baca Juga: Meski Reaktif COVID-19, Pria Ini Naik Bus dari Banyuwangi ke Malang

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya