Comscore Tracker

Pengungsi Bencana Angin Kencang di Batu Butuh Pasokan Obat-obatan

Dievakuasi ke tujuh titik

Batu, IDN Times - Tim gabungan dari unsur BPBD, TNI dan Polri masih terus melakukan antisipasi usai bencana angin kencang menimpa sebagian wilayah Kota Batu, akhir pekan kemarin. Satu orang meninggal dunia dan ribuan warga harus mengungsi. Wilayah terdampak paling parah berada di desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

1. Pengungsi butuh alas tidur dan obat-obatan

Pengungsi Bencana Angin Kencang di Batu Butuh Pasokan Obat-obatanDok.BNPB

Saat ini pengungsi dari desa Sumber Brantas dan sekitarnya ditampung di tujuh titik. Mereka kini memerlukan beberapa kebutuhan mendesak. Terutama alas tidur hingga obat-obatan. Juga susu untuk anak-anak balita. 

"Kebutuhan mendesak saat ini matras, obat-obatan, pembalut hingga susu untuk bayi dan pakaian untuk anak-anak laki-laki dan perempuan," terang Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim, Senin (21/10).

2. Listrik dan jaringan komunikasi masih lumpuh

Pengungsi Bencana Angin Kencang di Batu Butuh Pasokan Obat-obatanDok.BNPB

Hingga Senin pagi, wilayah terdampak angin kencang yakni kawasan desa Sumber Brantas masih lumpuh. Aliran listrik dan jaringan komunikasi juga terganggu. Hal itu lantaran banyak pohon tumbang yang menyebabkan aliran listrik terganggu. 

"Setidaknya ada 20 rumah di desa Sumbergondo, jaringan listrik dan komunikasi mengalami kerusakan," tambahnya. 

Baca Juga: Angin Kencang Terjang Batu, BNPB: Pertanda Pancaroba

3. Jalur ke Batu via Cangar ditutup

Pengungsi Bencana Angin Kencang di Batu Butuh Pasokan Obat-obatanDok/ Istimewa

Bencana angin kencang tersebut juga membuat sejumlah akses terputus. Salah satunya adalah jalur alternatif Batu-Mojokerto via cangar terpaksa harus ditutup sementara. Sementara untuk warga Desa Sumber Brantas saat ini sedang mengungsi sekaligus memastikan hingga kondisi aman sebelum kembali ke rumah masing-masing. 

"Karena pertimbangan keamanan jalur tersebut untuk sementara ditutup," papar Achmad.

4. Seluruh warga Desa Sumber Brantas dievakuasi

Pengungsi Bencana Angin Kencang di Batu Butuh Pasokan Obat-obatanDok/ Istimewa

Ada tiga desa yang terdampak angin kencang. Tiga desa tersebut adalah Sumber Brantas, Gunungsari, dan Sumbergondo. Namun, dampak terparah adalah desa Sumber Brantas. Saat ini warga desa Sumber Brantas mengungsi hingga kondisi kembali stabil. 

"Seluruh warga Sumber Brantas dievakuasi. Sementara pihak kepolisian sudah diturunkan untuk mengamankan lokasi yang ditinggal warga mengungsi," tandasnya. 

Baca Juga: Dewanti Rumpoko Kunjungi Pengungsi Bencana Angin Kencang di Batu

Topic:

  • Dida Tenola

Just For You