Pemkot Malang Gelar Mudik Gratis, Masyarakat Antusias

Pemkot Malang berangkatkan 18 bus mudik gratis

Malang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Malang bekerja sama dengan Dinas Perhubungan menggelar agenda mudik gratis. Sekitar 18 bus diberangkatkan langsung dari depan Balai Kota Malang. Bus-bus tersebut mengangkut pemudik ke berbagai daerah tujuan di Jawa Timur. Dari total 18 bus tersebut, 6 bus di antaranya merupakan bantuan dari Pemprov Jatim. 

1. Mudik gratis diserbu masyarakat

Pemkot Malang Gelar Mudik Gratis, Masyarakat AntusiasIDN Times/ Alfi Ramadana

Mudik gratis yang disiapkan oleh Pemkot Malang itupun disambut antusias oleh masyarakat. Tercatat 965 peserta mengikuti mudik gratis tersebut dengan beberapa tujuan seperti Banyuwangi, Ngawi hingga Madura.

"Semua pemudik ini kami berangkatkan mulai dari paling Barat, Ngawi hingga wilayah Timur Banyuwangi," ucap Wali Kota Malang, Sutiaji. 

2. Peserta mudik meningkat dari tahun lalu

Pemkot Malang Gelar Mudik Gratis, Masyarakat AntusiasIDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih jauh, untuk tahun ini antusias masyarakat untuk mengikuti mudik gratis meningkat dari tahun lalu. Meskipun tak terlalu banyak, namun kenaikan tersebut memperlihatkan bahwa keberadaan mudik gratis sangat diminati masyarakat. 

"Tahun lalu ada sekitar 800 pemudik yang kami berangkatkan. Tetapi sebenarnya yang daftar banyak hanya kuotanya tidak mencukupi. Untuk itu, tahun ini kami menambah kapasitasnya," tambahnya. 

3. Mudik lewat jalur reguler

Pemkot Malang Gelar Mudik Gratis, Masyarakat AntusiasIDN Times/ Alfi Ramadana

Tak hanya itu, untuk mudik gratis kali ini, bus yang mengangkut para peserta mudik gratis tersebut tak akan melewati jalan tol. Mereka akan tetap melalui jalur reguler untuk membawa pemudik ke tempat tujuan masing-masing. 

"Kami tidak melewati jalan tol karena khawatir tercecer. Kalau lewat to kasihan yang turun di beberapa area yang tak dilewati jalan tol. Kalau semisal ke Ngawi atau Surabaya bisa langsung. Sementara kalau yang wilayah Jombang tentu tidak bisa," tambahnya. 

Baca Juga: Polres Malang Kota Berikan Pengamanan Ekstra Selama Lebaran 

4. Bisa kurangi penumpukan penumpang

Pemkot Malang Gelar Mudik Gratis, Masyarakat AntusiasIDN Times/ Alfi Ramadana

Keberadaan mudik gratis tersebut diharapkan bisa mengurangi penumpukan penumpang di terminal maupun stasiun. Pasalnya dalam beberapa hari diperkirakan merupakan puncak arus mudik. Sehingga kedatangan penumpang bisa lebih tinggi dati biasanya. 

"Semoga tidak ada lagi masyarakat yang terlantar menunggu angkutan mudik. Termasuk juga bisa menambah kenyamanan untuk masyarakat," tandasnya. 

Baca Juga: Mudik Asik IDN Times: Kejutan Manis untuk Ibu yang Sakit di Rumah

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya