Pemkot Malang Akan Bangun Pusat Ekonomi Kreatif

Untuk menguatkan sektor ekonomi kreatif

Malang, IDN Times - Pemerintah Kota Malang bakal memaksimalkan sektor ekonomi kreatif untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah kota Malang adalah dengan membangun Malang Creative Center (MCC). Nantinya MCC akan menjadi pusat dari ekonomi kreatif di Kota Malang yang belakangan tumbuh cukup signifikan. 

1. Pertumbuhan ekonomi kreatif paling tinggi

Pemkot Malang Akan Bangun Pusat Ekonomi KreatifIDN Times/ Alfi Ramadana

Rencana tersebut merujuk dari data yang dikeluarkan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Data tersebut menyatakan bahwa ekonomi kreatif mengalami laju pertumbuhan yang sangat cepat jika dibanding dengan sektor lain. Hal itulah yang juga mendasari pemerintah Kota Malang untuk membangun Malang Creative Center (MCC). 

"Daya ungkit pertumbuhan ekonomi kreatif mencapai 18 persen. Ini lebih tinggi dari sektor lain yang hanya kisaran 9 persen," beber Wali Kota Malang, Sutiaji, Senin (14/10).

2. Salah satu program

Pemkot Malang Akan Bangun Pusat Ekonomi KreatifIDN Times / Alfi Ramadana

Lebih jauh, Sutiaji menjelaskan bahwa ekonomi kreatif memang masuk ke dalam visi yang dibawanya. Pemkot Malang pun sudah memiliki rencana untuk pengembangan sektor ekonomi kreatif ini. Meskipun diakuinya bahwa sektor ekonomi kreatif yang ada saat ini sangat banyak dan perlu adanya pendataan dengan baik. 

"MCC ini salah satu program yang kami siapkan. Ini juga untuk menjawab tantangan era revolusi industri," tambahnya. 

3. Penuhi program dari provinsi

Pemkot Malang Akan Bangun Pusat Ekonomi KreatifIDN Times/ Alfi Ramadana

Selain mengembangkan sektor ekonomi kreatif. Kota Malang juga mencanangkan beberapa program turunan dari Pemprov Jatim. Beberapa program turunan tersebut diantaranya Jatim sejahtera, Jatim cerdas, Jatim sehat, Jatim berkah, Jatim berdaya, Jatim amanah dan Jatim Harmoni. 

"Sebagai penyangga pembangunan provinsi Jatim, tentu pemerintah kota dan kabupaten seperti kami ini harus menjalankan program tersebut," sambungnya. 

Baca Juga: Liburan Hits Gak Harus Mahal, 7 Tempat Wisata Gratis di Malang

4. Fokus utama tetap ekonomi

Pemkot Malang Akan Bangun Pusat Ekonomi KreatifIDN Times/Maulana

Meskipun cukup banyak program turunan dari pemerintah provinsi yang harus dijalankan. Namun demikian, tujuan utama dari sejumlah program turunan tersebut merupakan untuk menguatkan sekto ekonomi. 

"Irisan utamanya adalah ekonomi yang menjadi prioritas utama untuk dikuatkan," tandasnya. 

Baca Juga: Berpotensi Luar Biasa, Bekraf Terus Fasilitasi Ekonomi Kreatif Indonesia

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya