Pemkot Batu Siapkan Formula Bantuan untuk Masyarakat di Tengah Corona

Banyak sektor wisata yang tutup

Batu, IDN Times - Dampak ekonomi akibat penutupan sejumlah tempat wisata dan titik keramaian mulai dirasakan oleh warga Kota Batu. Sejumah tempat wisata yang selama ini menjadi andalan Batu ditutup demi mencegah penyebaran virus corona yang lebih luas. Oleh sebab itu, saat ini Pemkot Batu sedang menyusun formula bantuan bagi para warga.

1. Gunakan mekanisme pengalihan dana nonprioritas

Pemkot Batu Siapkan Formula Bantuan untuk Masyarakat di Tengah CoronaIlustrasi anggaran (IDN Times/Arief Rahmat

Hal itu disampaikan oleh Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso. Ia menjelaskan bahwa saat ini pihaknya tengah menyiapkan formula penanggulangan bencana nonalam virus corona. Salah satu alternatifnya adalah dengan menggerakkah seluruh organisasi perangkat dinas (OPD) di Pemkot Batu untuk menyusun mekanisme pengalihan anggaran.

Anggaran yang dianggap tak prioritas bakal dialihkan untuk membantu masyarakat menanggulangi dampak dari bencana virus corona ini. Hanya saja, Punjul belum menjelaskan secara rinci mengenai besaran anggaran yang bakal terkumpul. 

"Harapannya pada pekan depan semua sudah harus selesai," ucap Punjul, Jumat (27/3).

2. Juga sudah salurkan bantuan beras

Pemkot Batu Siapkan Formula Bantuan untuk Masyarakat di Tengah Coronavedicindiansupermarket.com

Sebelumnya, Pemkot Batu juga sudah menyalurkan beras kepada warga prasejahtera. Hal itu dilakukan untuk memastikan ketahanan pangan mereka. Tidak hanya dalam bentuk bahan makanan pokok, tetapi juga dalam bentuk bantuan langsung tunai.

Setidaknya ada tiga kelompok yang mendapat bantuan langsung tunai tersebu. Yakni lansia, anak berkebutuhan khusus, dan LVRI. Nilai dari masing-masing kelompok tersebut juga berbeda. 

"Untuk LVRI ini dapat Rp1 juta setiap bulan. Sementara untuk lansia dan anak berkebutuhan khusus mendapat Rp500 ribu untuk tiga bulan," tambahnya. 

Baca Juga: Efek Virus Corona, Pariwisata di Kota Batu Alami Penurunan

3. Kerahkan para ASN untuk beli makanan para PKL

Pemkot Batu Siapkan Formula Bantuan untuk Masyarakat di Tengah CoronaWakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso berharap wabah Covid-19 tak sampai menjangkiti warga Kota Batu. IDN Times/ Alfi Ramadana

Tak hanya itu saja, Pemkot Batu juga melakukan langkah lain. Yakni memberdayakan para ASN untuk memesan makanan dari PKL yang sementara waktu tak bisa berjualan di alun-alun Kota Batu. Anggaran lain yang juga dialihkan adalah safari Ramadan.

"Tentunya kami berharap masyarakat yang mendapat bantuan bisa mempergunakannya sebaik mungkin. Sebab, pemerintah itu anggarannya juga terbatas," tambahnya. 

4. Stok kebutuhan masih cukup untuk dua bulan

Pemkot Batu Siapkan Formula Bantuan untuk Masyarakat di Tengah CoronaIlustrasi (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Wiwik Nuryati mengatakan, saat ini stok sembako di Kota Batu masih aman. Terutama seperti  gula dan beras. 

Berdasarkan perhitungan, kapasitas keperluan konsumsi gula di Kota Batu dalam sebulan terakhir mencapai 1.600 ton. Lalu saat ini stok yang tersedia di Kota Batu masih ada 1.800 ton. 

“Untuk satu, dua bulan ke depan masih aman. Jadi masyarakat tetap tenang, tidak perlu panik berlebihan,” pesannya.

Baca Juga: Masih Nihil Covid-19, Wawali Batu Minta Warga Ikuti Aturan

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya