Optimalkan Pengolahan Bank Sampah, KLHK Berikan Bantuan Motor

40 motor sampah untuk Malang Raya

Malang, IDN Times - Permasalahan sampah seolah tidak pernah ada habisnya. Sampah terus menjadi perhatian dari pemerintah pusat maupun daerah. Terutama soal cara mengelola sampah yang baik agar tetap bisa memiliki manfaat dan menghasilkan keuntungan.

Salah satunya adalah pengolahan melalui bank sampah. Upaya itulah yang terus diperkuat oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) 

1. Berikan bantuan untuk pengembangan bank sampah

Optimalkan Pengolahan Bank Sampah, KLHK Berikan Bantuan MotorPemberian kunci motor sampah secara simbolis dari Kemen LHK kepada masyarakat Malang Raya, Rabu (20/11/2019). IDN Times/ Alfi Ramadana

Sebagai upaya untuk memaksimalkan potensi pengolahan sampah, KLHK memberikan pelatihan untuk bank sampah. Tidak hanya itu, mereka juga memberikan bantuan berupa motor sampah untuk kelurahan di Malang Raya. Bantuan tersebut diberikan saat sosialisasi pengembangan bank sampah di Hotel Atria, Kota Malang, Rabu (20/11).

"Untuk kota Malang memang pengelolaan bank sampah sudah cukup bagus. Hal itu terbukti sudah ada bank sampah induk di Sukun," papar Direktorat Pengolahan Sampah KLHK Agus Saifudin. 

2. Motor sampah akan sangat berguna

Optimalkan Pengolahan Bank Sampah, KLHK Berikan Bantuan MotorBantuan motor sampah untuk masyarakat Malang Raya dari KLHK untuk pengembangan bank sampah. IDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih jauh, keberadaan motor sampah tersebut akan sangat bermanfaat. Terutama untuk pengembangan pengelolaan bank sampah. Sebab, dengan motor sampah tersebut jangkauan angkut sampah bisa sampai kampung-kampung. Setiap kelurahan di kota Malang mendapat bantuan motor sampah.

"Untuk Kota Malang sendiri mendapat jatah 24 motor. Sementara Kabupaten Malang mendapat bagian 16 motor," tambahnya. 

Baca Juga: Berkat Prestasinya, Bank Sampah Mawar 10 Bersiap Menjadi Koperasi 

3. Serahkan pengawasan kepada Dinas Lingkungan Hidup

Optimalkan Pengolahan Bank Sampah, KLHK Berikan Bantuan MotorDirektorat pengolahan sampah KLHK, Agus Saifudin menyebut pengawasan motor sampah dan bank sampah dilakukan oleh Dinas LH. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sistem kerja bank sampah dan motor sampah itu akan diawasi oleh Dinas Lingkungan Hidup. Agus juga menyebut bahwa bank sampah sudah berjalan, maka sistem pemilahan sampah dipastikan berjalan baik. Sehingga, hal itu harus terus dilakukan agar sampah tak lagi menjadi sebuah masalah. 

"Apa yang kami sampaikan ini hanya untuk pengembangan saja. Kalau sudah ada bank sampah, pemilahan sampahnya pasti sudah bagus," sambungnya. 

4. Mudahkan pengolahan sampah

Optimalkan Pengolahan Bank Sampah, KLHK Berikan Bantuan MotorAnggota komisi VII DPR RI, Moreno Soeprapto saat menghadiri sosialisasi penguatan bank sampah, Rabu (20/11/2019). IDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara itu, anggota Komisi VII DPR RI, Moreno Soeprapto mengakui bahwa bantuan motor sampah ini harusnya bisa memperkuat pengelolaan bank sampah di Malang Raya. Sehingga, nantinya tidak ada lagi permasalahan sampah yang muncul. Lalu potensi pengolahan sampah di Malang Raya bisa berjalan maksimal. 

"Adanya motor sampah ini bukan berarti semua selesai. Tetapi, masyarakat juga tetap harus ikut aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggalnya," tutur anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra tersebut. 

Baca Juga: Dulu Penuh Sampah, Sungai di Banyuwangi Ini Disulap Jadi Tempat Wisata

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya