November, Tol Pandaan-Malang Seksi 4 dan 5 Beroperasi 

Seksi 4 saat ini dalam tahap uji kelayakan

Malang, IDN Times - Pembangunan jalan tol Malang - Pandaan seksi 4 dan 5 ditargetkan selesai bulan November. Saat ini proses pembangunan jalan tol seksi 4 dan 5 tersebut terus dikebut. Beberapa fasilitas yang masih belum selesai terus dikerjakan untuk memenuhi tenggat waktu target yang ditetapkan. 

1. Pembangunan sudah hampir selesai

November, Tol Pandaan-Malang Seksi 4 dan 5 Beroperasi IDN Times/Alfi Ramadana

Saat ini untuk seksi 4 tol Malang-Pandaan dari Singosari hingga Pakis sudah masuk dalam tahap uji kelayakan. Material jalan juga sudah selesai semua. Sehingga saat ini pekerja hanya tinggal menyelesaikan beberapa hal yang masih kurang. 

"Kami sudah tinjau ke lapangan. Saat ini semua sudah dalam proses. Kami berharap November bisa selesai dan saat Natal dan Tahun Baru sudah bisa digunakan," beber Anggota BPJT unsur Kementerian PUPR, Agita Widjajanto, Jumat (9/8).

2. Sempat terkendala pembebasan lahan

November, Tol Pandaan-Malang Seksi 4 dan 5 Beroperasi IDN Times/ Alfi Ramadana

Pembangunan sisa jalan tol Malang-Pandaan tersebut bukan tanpa hambatan. Untuk seksi 5 dari Pakis hingga exit tol Malang sempat mengalami hambatan dalam hal pembebasan lahan. Tercatat saat ini masih ada sekitar 50 petak lahan. 

"Kalau untuk yang 50 bidang lahan tersebut saat ini sudah dalam proses untuk eksekusi. Saat ini bolanya ada di pengadilan negeri terkait kapan waktu untuk eksekusinya," sambung Direktur PT Jasamarga Pandaan-Malang, Agus Purnomo. 

3. Seksi 4 dalam tahap uji kelayakan

November, Tol Pandaan-Malang Seksi 4 dan 5 Beroperasi IDN Times/ Alfi Ramadana

Sejauh ini, ruas tol Malang-Pandaan seksi 4 sudah dalam tahap uji kelayakan. Jika mampu melewati uji kelayakan maka sertifikat layak operasi akan turun dan seksi 4 bisa dioperasikan. Termasuk juga bisa ditentukan besaran tarif untuk seksi 4, Pakis. 

"Kami melihat bahwa apakah ya g sudah dibangun teman-teman BUJT ini sudah sesuai atau belum. Jika sudah maka baru sertifikat layak operasi biaa dikeluarkan," tambahnya. 

Baca Juga: Jokowi Sebut Tol Mapan Bisa Dorong Ekonomi Malang Raya

4. Optimis November selesai

November, Tol Pandaan-Malang Seksi 4 dan 5 Beroperasi IDN Times/ Alfi Ramadana

Meskipun terhitung mepet, pihak Jasamarga optimis penyelesaian tol Malang Pandaan seksi 4 dan 5 bisa tepat waktu. Pasalnya untuk seksi 4 dan 5 tidak memerlukan konstruksi yang sulit. Sebab, tanah di kawasan Madyopuro masuk kategori datar sehingga tak memerlukan banyak konstruksi yang sulit. 

"Kami optimis November bisa selesai. Mungkin yang perlu dikebut adalah pembangunan jembatan Amprong 2 yang besebelahan dengan area perkampungan," tandasnya. 

Baca Juga: Seksi 4 Tol Mapan Siap Beroperasi Fungsional Saat Lebaran 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya