Comscore Tracker

Menag Akan Lakukan Dialog dengan Korban Penipuan First Travel 

Cari solusi terbaik untuk kasus First Travel

Malang, IDN Times - Babak baru dari kasus penipuan jasa umroh First Travel masih bergulir. Perkembangan terbaru menyebutkan bahwa seluruh aset dari First Travel disita negara. Sementara masyarakat yang menjadi korban masih belum mendapat kepastian. Terutama untuk uang mereka yang sudah terlanjur masuk. 

1. Akan ajak duduk bersama

Menag Akan Lakukan Dialog dengan Korban Penipuan First Travel Menteri Agama RI, Fachrul Rozi akan segera mengambil sikap untuk penyelesaian kasus First Travel. IDN Times/ Alfi Ramadana

Untuk mengatasi polemik tersebut, Menteri Agama, Fachrul Rozi menyatakan bahwa akan mengajak duduk semua pihak. Termasuk juga berencana melakukan dialog dengan jamaah korban Firts Travel. Ia berharap ada hasil positif dari pertemuan tersebut untuk meredam gejolak jamaah yang kecewa lantaran uang merak tak kunjung kembali. 

"Kami akan coba duduk bersama untuk mencari solusi terbaik," ucapnya di UIN Malang, Kamis (21/11). 

2. Sudah ada putusan MA

Menag Akan Lakukan Dialog dengan Korban Penipuan First Travel Eli, jemaah korban First Travel, di acara ILC pada Selasa (19/11) malam. IDN Times/Isidorus Rio

Lebih jauh, Fachrul mengakui bahwa saat ini situasinya memang sudah berbeda. Apalagi setelah MA mengeluarkan putusan. Hal itu membuat Kementerian Agama tidak bisa berbuat terlalu banyak untuk penyelesaian sengketa kasus First Travel.

"Keputusan MA ini sudah inkrah. Jadi sudah tidak gampang lagi bagi kami. Tetapi kami akan tetap upayakan solusi terbaik," tambahnya. 

3. Akan dialog dengan jamaah korban first travel

Menag Akan Lakukan Dialog dengan Korban Penipuan First Travel First Travel

Di sisi lain, Fachrul saat ini tengah menyusun rencana bertemu dengan jamaah. Bahkan dari pihak jamaah korban First Travel sendiri sudah mengajukan pertemuan. Namun, memang pihak kementerian tengah mencari waktu yang tepat untuk pertemuan tersebut. 

"Sudah meminta kepada saya untuk bertemu. Kami akan agendakan untuk mencari jalan tengah terbaik," sambungnya. 

Baca Juga: Solusi Penyelesaian Aset First Travel ala Yunus Husein, Kecuali PK

4. Putusan MA dianggap merugikan jamaah

Menag Akan Lakukan Dialog dengan Korban Penipuan First Travel Menag, Fahrul Rozi saat menghadiri agenda di UIN Maulana Malik Ibrahim, Kamis (21/11/2019). IDN Times/ Alfi Ramadana

Di sisi lain, sebelumnya Mahkamah Agung mengeluarkan putusan bahwa barang bukti dari kasus penipuan jasa umroh First Travel tidak dikembalikan pada jamaah. Mahkamah Agung menyebut bahwa barang bukti yang disita tersebut didapatkan dari tindak pidana. Hal itupun menimbulkan polemik. Untuk itu Kementerian Agama tengah berupaya agar polemik tersebut tak sampai bekepanjangan. 

Baca Juga: Jaksa Agung Perintahkan Tunda Eksekusi Aset First Travel

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You