Mahasiswa Kedokteran UB Hilang, Ternyata Korban Pembunuhan

Keluarga tidak melapor ke pihak kampus

Malang, IDN Times - Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya akhirnya angkat bicara mengenai misteri hilangnya Bagus Prasetyo Lajuardi (26). Mahasiswa Kedokteran UB itu sebelumnya dilaporkan hilang selama beberapa hari sebelum akhirnya ditemukan meninggal dunia di Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Penemuan jenazah tersebut sempat menghebohkan masyarakat karena berada tidak jauh dari jalan raya.

1. Terima info pada Selasa siang

Mahasiswa Kedokteran UB Hilang, Ternyata Korban PembunuhanIlustrasi Tersangka Pembunuhan (IDN Times/Aditya Pratama)

Wakil Dekan III FKUB, dr. Sri Pramestiningtyas menjelaskan bahwa pihak kampus mendapat informasi tersebut pada Selasa siang (12/4/2022) pukul 14.00 WIB. Informasi awal yang masuk adalah laporan orang hilang. Saat itu pihak kampus belum melakukan pelacakan lantaran khwatir bahwa info yang masuk dari poster orang hilang itu hanya hoaks saja.

"Baru pada pukul 14.30 WIB, kami mendapatkan informasi bahwa ada penemuan jenazah yang diduga Bagus Prasetyo Lajuardi. Kemudian setelah itu kami kroscek dari pihak fakultas. Ternyata memang benar bahwa ada kemungkinan laporan orang hilang tersebut adalah mahasiswa FKUB," urainya Rabu (13/4/2022).

Baca Juga: Melihat Pengolahan Madu Asal Malang, Layani Ratusan Pesanan Tiap Hari 

2. Keluarga tak melapor ke kampus

Mahasiswa Kedokteran UB Hilang, Ternyata Korban PembunuhanInstagram.com/univ.brawijaya

Lebih jauh, Sri menambahkan bahwa keluarga memang tidak melapor ke kampus. Hal itu juga turut menyulitkan pihak kampus untuk melacak kebenaran informasi yang beredar. Pihak kampus kemudian berupaya mengumpulkan informasi terkait data orang hilang dan mencocokkan dengan informasi temuan jenazah di Pasuruan. Setelah dilakukan penelusuran, pihak kampus membenarkan bahwa laporan orang hilang itu adalah Bagus Prasetyo Lajuardi yang merupakan salah satu mahasiswa yang tengah menempuh pendidikan keprofesian dokter muda di FKUB.


"Pihak orang tua memang tidak melapor kepada kami. Jadi secara tidak sengaja kami mendapatkan informasi itu dari poster saja. Informasi awal yang kami dapat hanya dari poster yang beredar saja," imbuhnya. 

3. Diduga bangkai kucing

Mahasiswa Kedokteran UB Hilang, Ternyata Korban PembunuhanIlustrasi jenazah. (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu, jenazah Bagus Prasetyo Lajuardi sendiri ditemukan pada Selasa (12/4/2022). Sekitar pukul 08.30 WIB. Jenazah tersebut ditemukan oleh warga setelah mereka curiga lantaran mencium bau tak sedap. Awalnya warga mengira bahwa bau tak sedap tersebut berasal dari bangkai kucing. Tetapi setelah didatangi ternyata ada jenazah seorang pria yang belum teridentifikasi saat ditemukan. Jenazah kemudian dibawa ke RS Bhayangkara Porong Sidoarjo untuk menjalani autopsi dan identifikasi. Hasil indentifikasi forensik menunjukkan bahwa diketahui korban adalah Bagus Prasetyo Lajuardi mahasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB). 

4. Polisi pastikan Bagus merupakan korban pembunuhan

Mahasiswa Kedokteran UB Hilang, Ternyata Korban PembunuhanIlustrasi TKP Pembunuhan (IDN Times/Aditya Pratama)

Terpisah, Kasatreskrim Polres Pasuruan, AKP Adhi Putranto Utomo menyatakan bahwa Bagus Prasetyo Lajuardi dipastikan adalah korban pembunuhan. Hal itu terindikasi dari adanya dugaan pukulan benda tumpul pada bagian dada. Informasi tersebut didapatkan setelah proses autopsi selesai. 

"Terdapat penggumpalan di dada akibat kekerasan benda tumpul. Hal itu menyebabkan paru-parunya mengempis yang memicu terjadinya kematian. Saat ini kami sedang menyelidiki siapa yang melakukan pembunuhan," kata Adhi Putranto, Rabu siang. 

Baca Juga: Menelusuri Jejak Penyebaran Islam di Malang dari Masjid Bungkuk

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya