Longsor Susulan, Jalur Malang Kediri Kembali Terputus 

Separuh jalur Jombok kembali tertutup longsor

Malang, IDN Times - Jalur provinsi Malang-Kediri kembali ditutup untuk umum. Hal itu setelah kembali terjadi longsor susulan di kawasan jalur Jombok, Ngantang, Kabupaten Malang, Rabu (3/2/2021). Hujan deras sepanjang Rabu petang yang mengguyur wilayah Malang Raya membuat tanah tebing yang ada di sisi jalan tak mampu menahan derasnya air dan mengakibatkan longsor.

Padahal sebelumnya tersebut sudah dibersihkan oleh BPBD Kabupaten Malang bersama tim evakuasi pasca longsor dua kali pada Selasa petang. 

1. Intensitas longsor lebih kecil

Longsor Susulan, Jalur Malang Kediri Kembali Terputus Tim gabungan usai melakukan pembersihan jalur Jombok. Dok/BPBD Kabupaten Malang

Plt Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan menjelaskan bahwa longsor kali ini tidak sebesar longsoran sebelumnya. Material longsor tidak sampai menutupi badan jalan seperti sebelumnya. Namun demikian, jalur untuk sementara ditutup karena masih dilakukan evakuasi. 

"Iya ambrol lagi, tetapi tidak sebesar kemarin materialnya. Karena sebagian besar sudah dibuang tadi. Tinggal material kecil," terangnya Rabu (3/2/2021). 

Baca Juga: Ada Potensi Tanah Longsor, BPBD Batu Siapkan Lokasi Evakuasi 

2. Minta masyarakat cari jalur lain

Longsor Susulan, Jalur Malang Kediri Kembali Terputus Ilustrasi Daerah Rawan Longsor (IDN Times/Sukma Shakti)

Meski material longsor hanya menutup separuh badan jalan, BPBD menyarankan masyarakat untuk sementara mencari jalur lain untuk menuju Kediri ataupun sebaliknya. Pasalnya ,selain di wilayah Jombok, pada Rabu petang juga terjadi longsor tidak jauh dari titik jalur Jombok yang sebelumnya longsor.

Kemudian ada pohon tumbang di kawasan Ngeprih dan kawasan Pait, Kasembon. Meskipun bisa melewati kawasan Jombok, pengendara akan terhenti di titik lain karena ada tebing ambrol juga. 

"Tidak jauh dari Jombok itu ada longsor lagi. Lalu di Kasembon ada pohon besar yang tumbang dan melintang ke Jalan. Jadi walaupun mereka ngotot untuk melalui Jombok, tetap terhenti lagi karena ada longsor lagi dan pohon yang tumbang," tambahnya. 

3. Evakuasi terkendala cuaca

Longsor Susulan, Jalur Malang Kediri Kembali Terputus Jalur Jombok saat dibersihkan usai longsor pada Selasa petang. Dok/ BPBD Kabupaten Malang

Sadono sendiri menyebut bahwa evakuasi baru akan dilakukan pada Kamis (4/2/2021) pagi. Keputusan tersebut diambil setelah cuaca di sekitar kawasan longsor masih hujan. Kontur tebing yang terkena air hujan juga lebih labil dan hal itu tentu bisa membahayakan tim evakuasi jika sampai terjadi longsor susulan di kawasan tersebut. 

"Untuk titik yang aman tadi sudah langsung dilakukan evakuasi oleh BPBD dan Binamarga Provinsi. Untuk yang di wilayah Kedungrejo kemungkinan besok pagi baru dilaksanakan pembersihan karena kondisinya masih berbahaya," pungkasnya. 

Baca Juga: Longsor di Ngantang, Jalur Provinsi Malang-Kediri Tertutup

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya