Libur Nataru, Kedatangan di Stasiun Malang Meningkat 50 persen

Lebih tinggi dari tahun sebelumnya

Malang, IDN Times - Musim liburan sekolah telah tiba. Hal ini menjadi kesempatan bagi keluarga untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Apalagi momen liburan tersebut bersamaan dengan perayaan Natal dan Tahun Baru. Hal itu menimbulkan kepadatan di beberapa titik. Salah satunya adalah di Stasiun Kota Malang. Dalam beberapa hari terakhir baik dari kedatangan dan keberangkatan mengalami peningkatan. 

1. Meningkat cukup signifikan

Libur Nataru, Kedatangan di Stasiun Malang Meningkat 50 persenPara penunpang sedang menunggu jadwal keberangkatan di Stasiun Kota Malang, Senin (2/12/2019). IDN Times/ Alfi Ramadana

Peningkatan jumlah penumpang tersebut mulai terasa sejak sekolah sudah mulai libur. Peningkatan paling tinggi terjadi pada kedatangan. Hingga tanggal 25 Desember kedatangan penumpang di Stasiun Kota Malang mencapai 7495 penumpang. 

"Kalau untuk keberangkatan dari Stasiun Kota Malang sendiri sudah mencapai 7991 penumpang," papar Kepala Stasiun Kota Malang, Iful Siswanto, Kamis (26/12/2019).

2. Meningkat dari tahun sebelumnya

Libur Nataru, Kedatangan di Stasiun Malang Meningkat 50 persenStasiun baru Stasiun Kota Malang bakal difungsikan untuk pemberangkatan jarak jauh. IDN Times/ Alfi Ramadana

Jumlah kedatangan tersebut meningkat cukup signifikan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya atau sekitar 50 persen. tahun 2018 pada periode yang sama, jumlah kedatangan hanya 5052 penumpang. Sementara pada keberangkatan pada periode yang sama hanya berkisar 7499 penumpang. Jumlah tersebut lebih sedikit dari penumpang yang berangkat tahun ini. 

3. Penambahan personel jaga

Libur Nataru, Kedatangan di Stasiun Malang Meningkat 50 persenStasiun Kota Malang siap menyambut lonjakan penumpang jelang Natal dan Tahun Baru. IDN Times/ Alfi Ramadana

Untuk bisa memaksimalkan pelayanan, Stasiun Kota Baru juga meningkatkan penjagaan. Terutama jelang pergantian tahun. Pasalnya kepadatan penumpang di Stasiun Kota Baru diprediksi masih akan belum selesai mengingat liburan masih cukup lama. Sehingga gelombang kedatangan dan keberangkatan penumpang masih cukup tinggi. 

"Kami menyiapkan antisipasi untuk menambahkan personel PAM eksternal," sambungnya. 

4. Kedatangan tertinggi dari kereta jarak jauh

Libur Nataru, Kedatangan di Stasiun Malang Meningkat 50 persenPenumpang di Stasiun Kota Malang. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sejauh ini jika dibandingkan kedatangan dan keberangkatan tertinggi datang dari kereta jarak jauh. Kedatangan penumpang dari kereta jarak jauh mencapai 4998 penumpang. Sementara kereta lokal hanya 2497 penumpang. Hal ini menunjukkan bahwa Kota Malang memang menjadi salah satu tujuan utama untuk para wisatawan maupun mereka yang hanya sekedar transit saja. 

"Kalau keberangkatan juga masih banyak didominasi kereta jarak jauh," tandasnya. 

Baca Juga: Syiir Tanpo Waton dan Tari Sufi Meriahkan Natal di Kota Malang

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya