Lebaran Ketupat, Ini Harga Daging Ayam di Kota Malang

Diperkirakan baru normal usai lebaran ketupat

Malang, IDN Times - Harga daging ayam di Kota Malang masih cukup tinggi. Dalam beberapa waktu terakhir, harga daging ayam memang mengalami kenaikan. Terutama sepekan jelang Idul Fitri 1443 lalu. Namun, setelah memasuki H+5 Idul Fitri, harga daging ayam di Kota Malang masih belum turun. Permintaan yang masih tinggi membuat harga daging masih bertahan dengan harga mahal. 

1. Permintaan masih tinggi

Lebaran Ketupat, Ini Harga Daging Ayam di Kota Malangdaging ayam segar (Unsplash.com/JK Sloan)

Hamidah, salah satu penjual daging ayam di Pasar Besar Kota Malang menjelaskan bahwa sejak sepekan sebelum lebaran harga daging ayam memang mulai naik. Namun kenaikan yang terjadi masih terhitung normal yakni kisaran Rp40-42 ribu per kilogram. Sementara sebelumnya harga daging ayam masih berada di kisaran Rp38 ribu per kilogram. Kenaikan harga tersebut masih tetap bertahan hingga memasuki H+5 lebaran.

"Kalau perkiraan kami harga sekarang masih akan bertahan sampai lebaran ketupat. Setelah itu mungkin harga akan kembali berangsur normal," urainya Jumat (6/5/2022). 

Baca Juga: 10 Taman Wisata di Malang Raya, Betah Liburan Meski di Dalam Kota

2. Penjualan justru meningkat

Lebaran Ketupat, Ini Harga Daging Ayam di Kota Malangilustrasi daging ayam (unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)

Hamidah menambahkan bahwa meski ada kenaikan harga, penjualan daging ayam justru meningkat. Bahkan kini memasuki H+5 lebaran, penjualan daging ayam mencapai 100 kilogram per hari. Sementara saat harga masih normal, penjualan daging ayam maksimal hanya mencapai 80 kilogram per hari.

"Jelang lebaran ketupat juga mempengaruhi penjualan. Karena masih banyak yang butuh juga jadi harganya masih stabil. Terlebih memang pedagangnya juga banyak yang mudik, jadi penjualan tinggi karena permintaan tinggi," tambahnya. 

3. Pasokan daging ayam masih ayam

Lebaran Ketupat, Ini Harga Daging Ayam di Kota Malangilustrasi daging ayam (nytimes.com)

Meskipun mengalami kenaikan permintaan, Hamidah menambahkan bahwa pasokan daging masih cukup aman. Ketersediaan daging ayam masih cukup hingga kebutuhan untuk lebaran ketupat. Untuk itu, dirinya menyebut bahwa masyarakat tidak perlu khawatir karena daging ayam masih tersedia. "Pasokan masih aman dan tidak ada kendala," sambungnya.

4. Lebih baik dari tahun kemarin

Lebaran Ketupat, Ini Harga Daging Ayam di Kota Malangilustrasi bahan daging ayam untuk membuat ayam panggang ala Turki (pixabay.com/Whitestorm)

Terpisah, Suliyana penjual daging ayam lainnya di Pasar Besar Kota Malang menambahkan bahwa, penjualan tahun ini lebih baik ketimbang tahun kemarin. Ia mengakui ada kenaikan penjualan karena masyarakat sudah bisa beraktivitas normal seperti biasa. Pemerintah sudah memberikan kelonggaran untuk masyarakat bisa melakukan aktivitas mudik. Maka dari itu, permintaan daging ayam menjadi melonjak.

"Kalau tahun kemarin saat pandemik COVID-19 itu penjualan benar-benar anjlok. Tahun ini sudah lebih baik dari sebelumnya," katanya.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Kota Malang Tembus Rp140 Ribu

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya