Kunjungi Pengungsi di Kota Batu, Khofifah: Prioritas Fasilitas Umum

Minta percepat rekonstruksi terdampak angin

Batu, IDN Times - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa turun langsung mengunjungi pengungsi korban bencana angin kencang di Kota Batu, Senin (21/10). Secara bergantian, orang nomor satu di Jatim tersebut mendatangi titik-titik pengungsian warga. Ia juga sempat berdialog dengan warga, serta menyerahkan beberapa bantuan untuk korban. 

1. Minta fasilitas umum segera diperbaiki

Kunjungi Pengungsi di Kota Batu, Khofifah: Prioritas Fasilitas UmumDok/ Istimewa

Dalam kesempatan tersebut, Khofifah menyampaikan bahwa pemerintah harus tanggap dengan situasi saat ini. Terutama untuk memberikan pelayanan kepada para pengungsi. Menurutnya, selain memberikan pelayanan maksimal kepada para pengungsi, pemerintah juga harus segera mengambil langkah strategis untuk pemulihan situasi pasca bencana. 

"Paling tidak tiga infrastruktur dasar harus diutamakan yaitu pendidikan, kesehatan dan layanan ibadah. Tiga ini harus didahulukan dan tadi sudah kami sampaikan ke bu wali kota," tegas Khofifah.

2. Anak-anak harus segera kembali sekolah

Kunjungi Pengungsi di Kota Batu, Khofifah: Prioritas Fasilitas UmumDok/Istimewa

Saat ini, akibat terjangan angin kencang, kawasan Desa Sumber Brantas memang lumpuh. Akses jalan, listrik, hingga jaringan komunikasi masih terganggu. Bahkan, seluruh warga desa masih mengungsi.

Bencana juga membuat aktivitas sekolah untuk sementara diliburkan. Sebab, beberapa bangunan sekolah juga mengalami kerusakan. 

"Saya dapat laporan memang ada sekolah SMP yang tingkat kerusakannya perlu segera ada rekonstruksi. Paling tidak kami berharap dalam waktu sepekan ini, sekolah diliburkan. Pekan depan minimal harus sudah ada sekolah darurat, jika memang sekolah belum bisa digunakan," tambahnya. 

Baca Juga: Pengungsi Bencana Angin Kencang di Batu Butuh Pasokan Obat-obatan

3. Berikan support untuk para pengungsi

Kunjungi Pengungsi di Kota Batu, Khofifah: Prioritas Fasilitas UmumDok/ Istimewa

Di sisi lain, Khofifah menjelaskan bahwa secara wilayah, area terdampak bencana tersebut merupakan tanggung jawab Pemkot Batu. Namun demikian, dirinya juga berharap dukungan moril dari seluruh warga Jawa Timur agar para korban tersebut bisa kembali bangkit dan bisa beraktivitas seperti sedia kala. 

"Tentu saja kami berharap kerelaan, serta support moril dari seluruh warga Jawa Timur, agar saudara kita yang terdampak bisa kembali (hidup) normal lagi," tambahnya. 

4. Minta pemkot segera identifikasi kerusakan

Kunjungi Pengungsi di Kota Batu, Khofifah: Prioritas Fasilitas UmumDok/ Istimewa

Mantan Menteri Sosial itu juga meminta Pemkot Batu segera melakukan identifikasi. Terutama untuk kerusakan yang terjadi di beberapa desa. Agar nantinya bisa segera dilakukan tindakan perbaikan, maupun pemberian bantuan kepada para korban. 

"Ini nanti tentu Pemkot Batu yang akan melakukan identifikasi. Semisal berapa yang gentengnya rusak, dan lain sebagainya," tandasnya. 

Baca Juga: Angin Kencang Terjang Batu, BNPB: Pertanda Pancaroba

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya