Kontak Erat dengan Pasien Positif, Delapan Orang Akan Jalani Tes Swab

Teman kampus pasien juga akan ditelusuri

Malang, IDN Times - Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kesehatan melakukan tracing atau penelusuran terhadap rekam jejak terhadap satu orang positif terpapar virus corona. Hasilnya didapati ada delapan orang yang sempat berkontak langsung dengan korban yang saat ini tengah dirawat di Rumah Sakit Umum Dr Saiful Anwar tersebut.

1. Delapan orang akan dilakukan tes swab

Kontak Erat dengan Pasien Positif, Delapan Orang Akan Jalani Tes Swab(Ilustrasi virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

Kepastian tersebut disampaikan oleh Humas Tim Satgas Covid-19 Kota Malang, Husnul Muarif. Ia menyebut delapan orang itu sempat berkontak erat langsung dengan pasien. "Mereka itu adalah orang yang terlibat kontak langsung di rumah pasien. Saat ini kami data dan prosedurnya adalah pemeriksaan swab," ucap Husnul, Kamis (19/3). 

2. Kerjasama dengan kampus

Kontak Erat dengan Pasien Positif, Delapan Orang Akan Jalani Tes SwabInstagram.com/univ.brawijaya

Selain melakukan tracing terhadap keluarga korban, Dinas Kesehatan juga bekerjasama dengan pihak kampus untuk melakukan penulusuran terhadap teman pasien. Sebab, yang bersangkutan dikabarkan memiliki mobilitas tinggi. "Kalau untuk itu kami kerjasama dengan satgas Covid-19 UB. Sementara data yang masuk ini masih dari keluarga yang melakukan kontak erat dengan pasien," tambahnya. 

3. Sampel swab akan dikirim untuk diperiksa

Kontak Erat dengan Pasien Positif, Delapan Orang Akan Jalani Tes SwabIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Sejauh ini, pengambilan swab terhadap delapan orang hasil tracking ini sudah dilakukan. Hasil swab tersebut bakal dikirim ke Balitbangkes untuk dilakukan pemeriksaan. Namun demikian, sampai sejauh ini pihak Dinas Kesehatan Kota Malang belum menetapkan status PDP pada orang bersangkutan. Pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan swab sebelum mengambil keputusan penetapan status. 

"Statusnya masih Orang Dalam Pemantauan (ODP). Sebab mereka memiliki riwayat kontak langsung dengan yang bersangkutan," sambungnya. 

Baca Juga: Satu Mahasiswa Positif Corona, Begini Langkah Universitas Brawijaya

4. Pasien positif mulai membaik

Kontak Erat dengan Pasien Positif, Delapan Orang Akan Jalani Tes SwabIlustrasi Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, satu pasien positif Covid-19 yang tengah dirawat di RSSA kondisinya mulai membaik. Bahkan saat ini kondisinya terus menunjukkan perkembangan positif. Hal itu tentu saja cukup menggembirakan. Bahkan peluang bagi pasien yang bersangkutan untuk sembuh juga semakin besar. 

"Harapan kami tentu saja pasien ini diberikan kesembuhan," pungkas Husnul Muarif.

Baca Juga: Pemkot Malang Luncurkan SiCo, Bilik Sterilisasi Virus Corona

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya