Koalisi Malang Makmur Deklarasikan Paslon Sanusi-Didik  

Yakin bisa menang mutlak

Malang, IDN Times - Gabungan partai dalam koalisi Malang Makmur mendeklarasikan pasangan calon Bupati – Wakil Bupati Sanusi-Didik Gatot Subroto yang akan bertarung pada perhelatan Pilkada Kabupaten Malang 2020. Deklarasi dilakukan secara virtual karena mempertimbangkan kondisi Pandemi Covid-19. Acara berlangsung secara lancat dan terbatas di Lembah Tumpang dan hanya dihadiri jajaran elit politik dan tokoh masyarakat Kabupaten Malang, Kamis (3/9/2020).

1. Bawa lima program utama

Koalisi Malang Makmur Deklarasikan Paslon Sanusi-Didik  Pasangan Sanusi-Didik berjanji akan perbaiki lima sektor di Kabupaten Malang. IDN Times/ Alfi Ramadana

Dalam deklarasi tersebut, Sanusi-Didik membawa lima program utama yang akan menjadi fokus utama jika nanti terpilih. Lima program utama itu adalah perbaikan di sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi, pariwisata dan lingkungan. Lima poin tersebut merupakan fokus utama dari pasangan Sandi yang akan menjadi higlight utama. Selama ini memang lima poin itu masih perlu perbaikan dan peningkatan. 

"Lima poin utama itu bakal menjadi program yang akan menjadi fokus kami. Kalau semua ini bisa dimaksimalkan maka ini akan bisa mewujudkan tujuan kami yakni menjadikan Malang makmur," papar Sanusi, Kamis (3/9/2020). 

2. Permasalahan mendasar masih seputar perekonomian, kesehatan dan pendidikan

Koalisi Malang Makmur Deklarasikan Paslon Sanusi-Didik  Pasangan Sanusi-Didik didukung enam parpol untuk Pilkada kali ini. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sejauh ini, Sanusi-Didik sebagai pasangan incumbent menilai bahwa permasalahan yang masih sering ditemui di Kabupaten Malang masih seputar poin-poin yang akan menjadi fokus utama itu. Untuk itu, Sanusi menilai bahwa masih perlu program khusus yang jelas guna bisa menyelesaikan berbagai masalah masyarakat. Pondasi pendidikan yang kuat ditambah kesehatan yang terjamin tentu bakal membuat masyarakat bisa lebih tenang. Hal itu juga pastinya membuat perekonomian akan bisa bergerak secara maksimal jika masyarakat memiliki bekal yang cukup. 

"Pendidikan merupakan hal yang wajib untuk seluruh warga Kabupaten Malang agar bisa menjadi masyarakat yang unggul. Begitu pula kesehatan yang sudah semestinya menjadi hak bagi semua masyarakat," tambahnya. 

3. Dapat dukungan enam partai koalisi

Koalisi Malang Makmur Deklarasikan Paslon Sanusi-Didik  Sanusi-Didik yakin bisa menang mutlak atas pesaingnya. IDN Times/ Alfi Ramadana

Untuk Pilkada kali ini, pasangan Sanusi-Didik diusung oleh enam partai politik yakni PDI Perjuangan, Nasdem, Gerindra, Golkar, PPP dan Demokrat. Masing-masing ketua parpol juga sudah menandatangani perjanjian pada saat deklarasi pencalonan untuk mendukung penuh pasangan incumbent tersebut. Dukungan dari sejumlah partai besar itu membuat Sanusi-Didik yakin bisa memenangkan Pilkada kali ini. 

’’Hari ini semua bisa menyaksikan koalisi Malang Makmur akan berjuang semaksimal mungkin. Insya Allah akan membawa kemakmuran bagi Kabupaten Malang sebanyak 80 persen,’’ sambungnya. 

4. Genjot sektor pariwisata

Koalisi Malang Makmur Deklarasikan Paslon Sanusi-Didik  Sektor pariwisata juga jadi fokus Sanusi-Didik. IDN Times/ Alfi Ramadana

Selain pendidikan, kesehatan dan perekonomian, Sanusi-Didik juga menjanjikan perubahan untuk pengelolaan pariwisata dan lingkungan. Selama ini potensi wisata di Kabupaten Malang memang belum tergarap secara maksimal. Padahal, Kabupaten Malang memiliki destinasi wisata yang cukup banyak mulai pantai, air terjun hingga pegunungan. 

"Dalam hal ini baik UKM dan home industri akan terus kami pacu. Semua perizinan akan kami berikan secara gratis. Termasuk juga sertifikasi halal yang bisa didapatkan dengan mudah oleh masyarakat," tambah Sanusi yang merupakan calon incumbent ini. 

Baca Juga: Eri-Armuji Maju Pilkada Surabaya, Mujiaman: Insyaallah Kita Menang!

5. Enggan berfikir lawan

Koalisi Malang Makmur Deklarasikan Paslon Sanusi-Didik  Pasangan Sanusi-Didik berjanji akan perbaiki lima sektor di Kabupaten Malang. IDN Times/ Alfi Ramadana

Terlepas dari itu, Sanusi mengakui tak mau terpengaruh siapapun yang bakal menjadi lawan dalam kontestasi Pilkada kali ini. Baginya, meskipun satu calon lawan pun tidak menjadi masalah. Saat ini justru dirinya tengah berfokus bagaimana caranya agar nantinya model kampanye yang digunakan bisa efektif untuk memaksimalkan suara pada saat pemilihan. Seperti diketahui, pasangan Sanusi-Didik Gatot Subroto hampir pasti akan bertarung dengan pasangan yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa, Lathifah Shohib-Didik Budi Muljono. 

"Bagi saya tidak masalah mau menghadapi satu pasangan atau bahkan lebih. Saat ini yang terpenting adalah bagaimana membuat apa yang kami lakukan mendapat dukungan masyarakat," pungkasnya. 

Baca Juga: Kota Malang Targetkan Sertifikat Tanah Berbasis Digital Tahun 2021

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya