Kasus Perundungan Siswa SMPN 16 Kota Malang Masuk Tahap Penyidikan 

Bakal periksa pihak sekolah

Malang, IDN Times - Kasus perundungan yang diduga dilakukan oleh tujuh siswa SMPN 16 Kota Malang terus bergulir. Bahkan, kini pihak kepolisian meningkatkan kasus tersebut ke tingkat penyidikan.

Kepolisian mengklaim sudah mengantongi dua alat bukti untuk meneruskan kasus tersebut ke penyidikan. Kini Korps Bhayangkara juga bakal memeriksa pihak sekolah. 

1. Periksa kepala sekolah dan guru BK

Kasus Perundungan Siswa SMPN 16 Kota Malang Masuk Tahap Penyidikan Kepolisian Resort Kota Malang Kota tengah melakukan penyelidikan terhadap kasus perundungan di SMPN 16 Kota Malang. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sejauh ini kepolisian berencana memanggil kepala sekolah dan guru BK untuk diperiksa. Polisi ingin mendapat informasi lebih jauh mengenai kasus perundungan tersebut. Sekaligus juga bakal ada pemeriksaan tambahan kepada ketujuh rekan MS untuk mencari tahu peran mereka dalam penganiayaan tersebut. 

"Kami ingin mencari tahu siapa yang betul-betul melakukan. Sehingga, nanti bisa diambil kesimpulan sebagai pelanggar," ucap Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata, Rabu (5/2).

2. Juga bakal minta keterangan keluarga korban

Kasus Perundungan Siswa SMPN 16 Kota Malang Masuk Tahap Penyidikan Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata. IDN Times/ Alfi Ramadana

Tak hanya memanggil pihak sekolah, saat ini kepolisian juga masih menunggu pemulihan psikologis korban. Sebab, sejauh ini polisi masih belum bisa mengambil keterangan.

"Nanti akan ada penjelasan secara rinci. Tetapi dari dua alat bukti ini membuat penyidik cukup yakin untuk meningkatkan peningkatan pemeriksaan (jadi penyidikan)," tambahnya. 

Baca Juga: Bullying SMPN 16 Kota Malang, Korban Juga Pernah Dibanting ke Paving

3. Sudah periksa 15 saksi

Kasus Perundungan Siswa SMPN 16 Kota Malang Masuk Tahap Penyidikan Kapolresta Malang Kota, AKBP Leonardus Simarmata membenarkan ada empat tahanan yang melarikan diri. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sejauh ini kepolisian sudah memeriksa 15 orang saksi atas kasus tersebut. Dari pemeriksaan tersebut didapatkan data yang saling menguatkan satu sama lain. Namun, kepolisian masih memerlukan tambahan keterangan dari beberapa pihak.  

"Kalau bukti riilnya tentu hasil visum. Tetapi dari keterangan saksi sebanyak 15 orang juga sudah saling menguatkan," ungkap mantan wakapolrestabes Surabaya tersebut.

4. Pendampingan hingga korban pulih

Kasus Perundungan Siswa SMPN 16 Kota Malang Masuk Tahap Penyidikan Pertemuan walikota dengan pihak sekolah SMPN 16. IDN Times/ Alfi Ramadana

Leo memastikan bahwa pendampingan akan dilakukan secara intensif sampai kondisi fisik dan psikis korban benar-benar pulih. Tidak hanya dari psikolog, tim dari unit PPA, P2TP2A , dan Dinas Sosial juga akan memberikan pendampingan. Leo menyebut tidak ada batas waktu untuk pendampingan itu. 

"Pendampingan dilakukan terus hingga korban kembali seperti semula. Tidak ada batasan waktu," pungkasnya. 

Baca Juga: Jari Siswa Korban Bully di Malang Harus Diamputasi

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya