Jelang Ibadah Misa Natal, Gereja Ijen Tambah Kapasitas Jadi 2000 Kursi

Misa dimulai Selasa malam

Malang, IDN Times - Persiapan jelang misa Natal terus dilakukan oleh Gereja Ijen, Kota Malang. Salah satunya adalah dengan menyiapkan tempat untuk misa Natal. Apalagi posisi Gereja Ijen memang berada di tengah kota, ehingga menjadi salah satu tujuan utama.

1. Siapkan bangku tambahan

Jelang Ibadah Misa Natal, Gereja Ijen Tambah Kapasitas Jadi 2000 KursiGereja Ijen kota Malang sudah siap menyambut Natal tahun 2019. Dok/ Istimewa

Sebagai antisipasi melonjaknya jemaat yang datang, pihak pengurus menyiapkan tambahan kursi. Sebagaimana tahun sebelumnya, jemaat yang datang selalu banyak. Sehingga ada kemungkinan jemaat yang datang akan lebih banyak. Apalagi para mahasiswa di kota Malang yang juga masih banyak. 

"Kalau kapasitas normal sekitat 800 orang. Tetapi untuk antisipasi kami siapkan sampai 2000 orang," beber Ketua Dewan Paroki Katedral Ijen, Nugroho Sugi Wijono, Selasa (24/12). 

2. Siapkan lima jadwal misa Natal

Jelang Ibadah Misa Natal, Gereja Ijen Tambah Kapasitas Jadi 2000 KursiSuasana persiapan jelang Misa Natal di Gereja Ijen. Dok/ Istimewa

Untuk memperlancar proses ibadah, pihak kepanitiaan menyiapkan lima jadwal misa Natal. Hal itu juga sebagai antisipasi melonjaknya jemaah. Lima jadwal misa Natal gereja Ijen dimulai pukul 16.30, 18.00, 18.30, 19.00, dan 21.00 WIB. Nantinya jemaah akan melakukan misa secara bergantian sesuai dengan jam yang sudah disiapkan.

"Untuk besok juga ada lima kali misa Natal mulai pagi. Tetapi sebagai awal akan dimulai untuk anak-anak dan lansia," tambahnya. 

3. Salah satu gereja tertua di Malang

Jelang Ibadah Misa Natal, Gereja Ijen Tambah Kapasitas Jadi 2000 Kursiinstagram.com/anapatarputra

Di sisi lain, gereja Ijen memiliki sejarah yang cukup panjang. Gereja yang terletak di Jl Ijen Kota Malang tersebut mulai dibangun pada tahun 1932 dan difungsikan pada tahun 1934. Hal itu menjadikan gereja Ijen sebagai salah satu warisan cagar budaya. Gereja Ijen juga merupakan yang tertua kedua setelah gereja Kayutangan. Nama asli dari gereja Ijen adalah Gereja Santa Pawan Maria Dari Gunung Karmel.

Baca Juga: 5 Serial Netflix Spesial Liburan Natal dan Tahun Baru, Nonton Yuk!

4. Siapkan pengamanan ekstra

Jelang Ibadah Misa Natal, Gereja Ijen Tambah Kapasitas Jadi 2000 Kursi(Ilustrasi) IDN Times/Arief Rahmat

Sementara itu, untuk membuat jemaah bisa beribadah dengan nyaman, pihak kepolisian menyiapkan pengamanan ekstra. Salah satunya adalah dengan memasang metal detektor di pintu masuk gereja Ijen. Terutama untuk kemungkinan adanya ancaman teror yang bisa saja mengganggu kondusifitas para jemaah yang akan beribadah di gereja. 

"Kami berupaya untuk mengantisipasi kemungkinan adanya hal-hal yang tidak diinginkan," jelas Kabag Humas Polresta Malang Kota Ipda Ni Made Seruni Marhaeni. 

Baca Juga: Ucapan Selamat Natal, PWNU Jatim: Hukumnya Khilafiyah

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya