Jelang Arus Mudik, Pemkot Batu Pastikan Jalan Protokol Mulus 

Siapkan tiga opsi atasi kemacetan

Batu, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Batu semakin intens untuk mempersiapkan infrastruktur jelang menghadapi arus mudik dan balik. Kini Pemkot Batu melalui Dinas PUPR terus memeprbaiki sejumlah jalur protokol yang mengalami kerusakan. Jalur-jalur tersebut akan menjadi jalan utama bagi pemudik yang akan menuju ke sejumlah kota dan kabupaten seperti Kediri, Mojokerto maupun Malang. 

1. Pastikan jalan siap untuk arus mudik

Jelang Arus Mudik, Pemkot Batu Pastikan Jalan Protokol Mulus IDN Times/ Alfi Ramadana

Saat ini, pemkot Batu melalui Dinas PUPR terus intens melakukan sejumlah perbaikan. Terutama untuk jalan-jalan rusak ada di kawasan Kota Batu. Salah satu perbaikan adalah dengan penambalan serta penambahan marka jalan. Sejumlah jalan seperti jl Ir. Soekarno, jl Hasanudin, jl Junrejo, jl di kawasan Temas .enuju Panderman Hill merupakan beberapa lokasi yang masuk prioritas perbaikan. 

"Sebetulnya titik-titik jalan berlubang di kota Batu sudah kami inventarisir. Penambalan untuk jalan berlubang juga terus kami lakukan," ucap Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kota Batu, Alfi Nurhidayat. 

2. Tawarkan tiga opsi untuk atasi kemacetan

Jelang Arus Mudik, Pemkot Batu Pastikan Jalan Protokol Mulus IDN Times/ Alfi Ramadana

Seperti diketahui, Kota Batu merupakan perlintasan alternatif untuk menuju beberapa daerah. Sehingga, hampir bisa dipastikan jalur di Kota Batu akan mengalami peningkatan volume kendaraan jelang lebaran hingga usai lebaran. Belum lagi selama musim libur lebaran. Sebab, Kota Batu merupakan salah satu destinasi wisata favorit.

"Opsi pertama yang bisa diambil adalah dengan perawatan jalur utama. Lalu opsi kedua adalah pelebaran jalan dan opsi ketiga adalah peningkatan kualitas jalan," tambahnya. 

3. Pelebaran jalan bisa mengurangi kemacetan

Jelang Arus Mudik, Pemkot Batu Pastikan Jalan Protokol Mulus IDN Times/ Alfi Ramadana

Dari beberapa opsi tersebut, pelebaran jalan menjadi opsi yang sangat membantu. Pelebaran jalan bisa sedikit mengurai penumpukan kendaraan yang biasa terjadi dibeberapa titik. Sejumlah jalur yang selama ini kerap menjadi biang kemacetan seperti jl Dewi Sartika, jl Oro-oro Ombo, depan BNS hingga sekitar area Krematorium menjadi titik fokus pelebaran jalan. Dalam hal ini Pemkot Batu bekerjasama dengan pihak swasta yaitu Jatim Park Group yang tengah melakukan pelebaran untuk area tersebut. 

"Nantinya peran kami adalah memukuskan jalan dengan aspal. Setelah dilebarkan akan kami teruskan," paparnya. 

4. Perbaiki drainase sebagai penunjang jalan

Jelang Arus Mudik, Pemkot Batu Pastikan Jalan Protokol Mulus IDN Times/ Alfi Ramadana

Selain memperbaiki jalan-jalan yang bakal dilewati pemudik, Pemkot Batu juga memperbaiki drainase. Tujuanya tentu saja agar tak ada genangan air yang dapat merusak jalan raya ketika hujn turun. Sehingga pemudik maupun wisatawna yang mengunjungi dan melewati Kota Batu bisa merasa nyaman. 

"Kami coba optimalkan H-7 sudah selesai. Tetapi kemungkinan terburuknya adalah H-2," tambahnya. 

Baca Juga: BPBD Kota Batu Tambah Petugas Piket untuk Amankan Lebaran 

5. Pihaj swasta berharap pemkot serius atasi kemacetan

Jelang Arus Mudik, Pemkot Batu Pastikan Jalan Protokol Mulus IDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara itu, pihaj swasta berharap Pemkot Batu benar-benar serius mengatasi kemacetan yang kerap terjadi. Hal itu seperti diungkapkan oleh Humas Jatim Park Group, Titiek S Ariyanto. Ia berharap kali ini kemacetan yang kerap terjadi saat mudik dan musim liburan bisa teratasi. 

"Jangan sampai wisatawan kapok datang ke Kota Batu karena kemacetan," bebernya. 

Baca Juga: Tips Mudik Sehat dan Selamat ala Kementerian Kesehatan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya