Jalan Berlubang, Warga Malang Lakukan Aksi Kumpul Koin

Koin yang terkumpul mencapai Rp4 juta

Malang, IDN Times - Sejumlah ruas jalan di Kota Malang belakangan banyak mengalami kerusakan. Kerusakan yang banyak terjadi adalah jalan berlubang dengan diameter cukup lebar. Hal ini dikarenakan hujan yang kerap mengguyur serta banyaknya kendaraan yang melintasi jalan tersebut. 

Beberapa ruas jalan yang mengalami kerusakan cukup parah adalah Jl Candi Panggung, Jl Akordion, Jl Kahuripan dan Jl IR Rais. Kondisi tersebut tak jarang menyebabkan kemacetan. Demi mengurangi jalan berlubang yang ada di Kota Malang, Forum Warga Malang Peduli melakukan penggalangan dana untuk perbaikan jalan tersebut. 

1. Kecewa dengan Pemerintah Kota Malang

Jalan Berlubang, Warga Malang Lakukan Aksi Kumpul KoinIDN Times/Alfi Ramadana

Koordinator Forum Warga Malang Peduli, Sudarno menjelaskan bahwa apa yang mereka lakukan tersebut sebagai bentuk kritik kepada Pemkot. Pasalnya selama ini Pemkot tak melakukan apapun sebagai upaya untuk memperbaiki jalan yang rusak. 

"Kami sudah gerah melihat kondisi jalanan di Kota Malang banyak yang memprihatinkan. Bahkan tak jarang banyak masyarakat yang menjadi korban karena jalanan berlubang. Respons dari pemerintah yang lambat membuat kami tergerak untuk mengumpulkan koin-koin ini," terangnya. 

Baca Juga: Guru di Malang yang Cabuli Siswinya Akhirnya Ditahan

2. Desak pemerintah lebih responsif

Jalan Berlubang, Warga Malang Lakukan Aksi Kumpul KoinIDN Times/Alfi Ramadana

Lebih lanjut, Sudarno meminta kepada pemerintah untuk lebih cepat tanggap. Sebab, permasalahan jalan rusak di kawasan Malang Kota sudah cukup banyak ditemukan. Jika pemerintah tak segera turun tangan, dikhawatirkan semakin membahayakan bagi pengguna jalan. 

"Kami menganggap kota Malang ini sudah darurat jalan berlubang. Apa yang kami lakukan ini merupakan dorongan kepada pemerintah kota agar segera mengambil tindakan untuk menyelesaikan permasalahan ini," imbuhnya.

3. Koin yang terkumpul sebesar Rp4 juta

Jalan Berlubang, Warga Malang Lakukan Aksi Kumpul KoinIDN Times/Alfi Ramadana

Sudarno mengatakan bahwa hasil dari pengumpulan koin ini memang tak terlalu besar. Namun, ia menyebut hasilnya bisa digunakan untuk perbaikan ruas jalan. 

"Uang yang terkumpul sejumlah Rp4.111.600 mulai dari hari Kamis hingga Senin. Alhamdulillah dari jumlah tersebut cukup untuk membeli aspal, coral masing-masing satu bak terbuka. Termasuk juga untuk membayar pekerja di lapangan," imbuhnya. 

4. Lanjutkan penggalangan Dana

Jalan Berlubang, Warga Malang Lakukan Aksi Kumpul KoinDokumen

Sudarno menambahkan bahwa dirinya menyebut masih membuka peluang untuk kembali melakukan penggalangan dana. Namun untuk penggalangan dana berikutnya, dirinya bersama anggota Forum Warga Malang Peduli akan melakukan dengan pola berbeda. 

"Kalau kemarin kami melakukan penggalangan dana dengan mendirikan pos di pinghir jalan. Kalau kali ini rencananya kami akan memanfaatkan rekan yang memiliki cafe untuk membuka penggalangan dana," tandasnya. 

Baca Juga: Rumah Bung Tomo Jadi Posko Pemenangan Prabowo-Sandiaga di Kota Malang

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya