Comscore Tracker

Hujan Dua Jam, Beberapa Jalan di Kota Malang Terendam

Ketinggian air mencapai 60 centimeter

Malang, IDN Times  - Hujan deras yang mengguyur Kota Malang, Rabu (1/12/2021) membuat sejumlah jalan protokol tergenang. Genangan air sempat meninggi lantaran hujan terus mengguyur selama kurang lebih dua jam. Kawasan yang mengalami genangan paling parah adalah kawasan sekitar Pasar Besi, Kota Malang. 

1. Alami genangan hingga 60 centimeter

Hujan Dua Jam, Beberapa Jalan di Kota Malang TerendamWarga terpaksa mendorong kendaraanya karena mogok saat melintas di Jl Peltu Sujono. Dok/istimewa

Salah satu kawasan sekitar pasar besi yang terjadi genangan cukup tinggi adalah Jalan Peltu Sujono, Kelurahan Ciptomulyo, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Air yang menggenang di banhkan dieprkirakan mencapai 60 centimetwr. Panjang jalan yang tergenang sendiri mencapai 300 meter. Tak ayal genangan tersebut membuat sejumlah kendaraan yang memaksa menerobos harus mengalami mogok. Beberapa pemotor terpaksa mendorong kendaraannya lantaran kemasukan air saat memaksa melintas di jalan tersebut.  

Baca Juga: Waspada Varian Omicron, Pemkot Malang Minta Ada Tes Acak  

2. Setiap hujan selalu terjadi genangan

Hujan Dua Jam, Beberapa Jalan di Kota Malang TerendamSebuah mobil angkutan kota memaksa melintas jalan yang tergenang air di Kota Malang. IDN Times/Alfi Ramadana

Dwi Isnawati, warga sekitar Jalan Peltu Sujono menjelaskan bahwa setiap hujan deras tiba, kawasan jalan tersebut hampir pasti tergenang. Konstruksi jalan yang rendah ditambah saluran air yang sempit memang membuat air meluap dan menggenangi jalan saat hujan deras. 

"Sudah langganan setiap hujan deras pasti tergenang. Tujuh tahun saya tinggal di sini, pasti tergenang saat hujan deras datang. Pastinya terganggi karena memang nggak bisa lewat," katanya Rabu (1/12/2021). 

3. Genangan lebih tinggi dari biasanya

Hujan Dua Jam, Beberapa Jalan di Kota Malang TerendamIlustrasi banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Hal yang sama juga diungkapkan David, satpam salah satu pabrik di kawasan tersebut. Dirinya menyebut bahwa genangan kali ini memang lebih tinggi dari biasanya lantaran hujan deras mengguyur sejak pukul 13.00 WIB. Lantaran hal tersebut, kemacetan tak bisa dihindarkan. Para pengemudi kendaraan bermotor baik roda dua dan roda empat terpaksa harus memutar balik karena kondisi tersebut. "Kawasan ini memang sudah langganan. Tadi banyak motor yang mogok, dan terpaksa didorong," katanya. 

4. Beberapa titik lain juga tergenang

Hujan Dua Jam, Beberapa Jalan di Kota Malang TerendamDua warga berjalan kaki melintasi jalan yang tergenang air. IDN Times/Alfi Ramadana

Selain Jalan Peltu Sujono, beberapa titik lain seperti kawasan di sekitar Stasiun Malang Kota Lama juga tergenang. Bahkan ketinggian sempat menutup perlintasan kereta api tepat di bawah Jembatan Flyover Kota Lama. Kemudian Jalan Ki Ageng Gribig juga tergenang. Hal itu membuat kendaraan terpaksa mengurangi kecepatan lantaran selain tertutup air, beberapa bagian ruas jalan juga berlubang. 

Baca Juga: Minyak Goreng Mahal Picu Inflasi di Kota Malang

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya