Comscore Tracker

H+5 Lebaran, Arus Balik  di Terminal Arjosari Naik 42 Persen

Kenaikan penumpang mulai terasa sejak Kamis

Malang, IDN Times - Lonjakan penumpang arus balik di Terminal Arjosari, Malang terus terjadi. Tercatat sejak Kamis (5/5/2022) kenaikan jumlah penumpang mulai terasa. Penumpang dengan bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) merupakan yang paling dominan. Sebagian besar dari mereka sudah kembali dari kampung halamannya untuk menuju sejumlah kota guna kembali bekerja. 

1. Peningkatan mencapai 42 persen

H+5 Lebaran, Arus Balik  di Terminal Arjosari Naik 42 PersenSituasi terkini arus balik di Terminal Arjosari. Dok/istimewa

Danru Terminal Arjosari Malang, Imam Supriono menjelaskan bahwa kenaikan jumlah penumpang untuk bus AKDP mencapai 42 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu. Aturan kembali diperbolehkan mudik memang membuat masyarakat sangat antusias. Tak sedikit dari mereka yang memang sengaja meluangkan waktu hanya sekedar untuk pulang kampung sejenak saat libur lebaran. 

"Tahun lalu tidak ada kenaikan. Kalau sekarang kenaikan jumlah penumpangnya sangat signifikan," papar Imam, Sabtu (7/5/2022). 

2. Sudah tembus tiga ribu orang

H+5 Lebaran, Arus Balik  di Terminal Arjosari Naik 42 PersenSituasi terkini Terminal Arjosari selama arus balik lebaran. Dok/istimewa

Imam menambahkan bahwa hingga Kamis, jumlah pemudik yang berangkat menggunakan bus AKDP di Terminal Arjosari menyentuh angka 3.925 orang. Jumlah tersebut meningkat lebih dari seribu orang jika dibandingkan hari sebelumnya yang hanya diangka 2.260 orang saja.

Hal yang sama juga terjadi pada penumpang bus AKAP yang sudah mencapai 726 orang dari hari sebelumnya yang hanya 574 orang. Untuk mengimbangi kenaikan jumlah penumpang tersebut, UPT Terminal Arjosari menyiapkan antara 171-284 unit bus AKDP per hari. Sementara untuk bus AKAP, berkisar antara 25-48 unit per hari. 

"Sejauh ini belum ada penambahan jumlah armada. Karena bus yang reguler masih mampu memenuhi permintaan," imbuhnya. 

3. Belum mencapai puncaknya

H+5 Lebaran, Arus Balik  di Terminal Arjosari Naik 42 PersenAktivitas beberapa armada bus AKDP di terminal Arjosari jelang Nataru. IDN Times/Alfi Ramadana

Sejauh ini, Imam memperkirakan bahwa jumlah tersebut masih belum mencapai puncaknya. Terlebih masih ada dua hari libur yang kemungkinan bakal dimaksimalkan oleh masyarakat untuk bisa kembali ke kota tempat mereka bekerja. Puncak arus balik di Terminal Arjosari sendiri diperkirakan bakal terjadi pada akhir pekan ini. Untuk mengantisipasi hal itu, pihak terminal sudah menyiapkan antisipasi dengan menyiagakan tujuh personel setiap harinya.

"Setiap hari ada tujuh orang petugas yang bersiaga. Hal itu, termasuk personel gabungan yang disiagakan," sambungnya. 

Baca Juga: Jelang Nataru, Okupansi Penumpang di Terminal Arjosari Naik 25 Persen

4. Sudah menunggu dua tahun

H+5 Lebaran, Arus Balik  di Terminal Arjosari Naik 42 PersenAktivitas keberangkatan bus di Terminal Arjosari. Dok/istimewa

Sementara itu, salah satu pemudik, Ponidi mengaku sangat bersyukur bisa mudik tahun ini. Pasalnya sudah dua tahun dirinya yang bekerja di Jakarta tidak bisa pulang kampung. Maka ketika tahun ini pemerintah memutuskan memberi kelonggaran untuk mudik, dirinya langsung mengambil kesempatan tersebut. Ia menggunakan angkutan bus untuk mudik kali ini karena kehabisan tiket kereta api.

"Tentunya lega sekali karena kali ini sudah bisa mudik setelah dua tahun tidak bisa. Kami memutuskan kembali ke Jakarta sekarang karena hari Senin sudah kembali kerja," tandasnya. 

Baca Juga: Puncak Arus Mudik, 16.691 Pemudik Lewati Terminal Arjosari

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya