Gergaji Atap Besi, Empat Tahanan Polresta Malang Kota Kabur 

Keempatnya merupakan tahanan kasus Narkoba

Malang, IDN Times - Sebanyak empat orang tahanan di Polresta Malang Kota melarikan, Senin (9/12) dinihari. Keempat orang tersebut merupakan tahanan kasus narkoba. Keempat tahanan yang kabur tersebut adalah Sokip Yulianto, Nur Cholis, Bayu Prasetyo dan Andria alias Ian. Mereka melarikan diri setelah membobol atap ruang tahanan dengan menggergaji besi atap. Saat ini petugas masih mengejar tahanan yang kabur tersebut. 

1. Benarkan ada tahanan kabur

Gergaji Atap Besi, Empat Tahanan Polresta Malang Kota Kabur Empat tahanan kasus korupsi melarikan diri dengan membobol atap gedung Tahanan Titipan (Tahti) Polresta Malang Kota. IDN Times/ Alfi Ramadana

Atas kejadian tersebut, pihak kepolisian langsung membentuk tim pengejaran. Mereka sudah memeriksa rekaman CCTV untuk melihat bagaimana cara pelaku kabur. Termasuk juga melacak alamat keluarga korban untuk mengumpulkan informasi. 

"Benar ada tahanan yang melarikan diri. Tetapi saat ini kami sudah melakukan pengejaran kepada mereka," beber Kapolresta Malang Kota, AKBP Leonardus Simarmata, Senin (9/12). 

2. Kabur melalui atap

Gergaji Atap Besi, Empat Tahanan Polresta Malang Kota Kabur Kapolresta Malang Kota, AKBP Leonardus Simarmata menyebut bahwa tahanan kabur melalui atap. IDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih jauh, Leo menjelaskan bahwa keempat tahanan tersebut kabur melalui atap. Mereka menggergaji besi atap. Kemudian setelah berhasil menggergaji, pelaku membengkokkan besi tersebut. Lalu empat tersangka tersebut secara bergantian menggunakan kain untuk memanjat atap dan kabur. 

"Pelaku menggergaji bagian atap tahanan dan kabur lewat situ," tambahnya. 

Baca Juga: Kabur dari Penjara, Tahanan Ini Manfaatkan Drone

3. Kabur ke arah belakang

Gergaji Atap Besi, Empat Tahanan Polresta Malang Kota Kabur AKB Leonardus Simarmata menyebut tahanan kabur ke arah belakang gedung. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sejauh ini tim kepolisian terus menghimpun informasi. Termasuk juga terus melacak posisi dari tahanan yang kabur tersebut. Sejumlah cara dilakukan, di antaranya dengan melakukan pemeriksaan ke beberapa hal. Termasuk juga memeriksa anggota keluarga. 

"Mereka ini kabur ke arah belakang gedung," sambungnya. 

4. Baru ditangkan selama dua pekan

Gergaji Atap Besi, Empat Tahanan Polresta Malang Kota Kabur Kapolresta Malang Kota, AKBP Leonardus Simarmata. IDN Times/ Alfi Ramadana

Di sisi lain, keempat tahanan tersebut baru ditangkap dua pekan lalu. Kasusnya juga masih dalam proses penyelidikan. Namun, belum selesai penyidikan, keempat tersangka melarikan diri dari tahanan Polresta Malang Kota. 

"Kasus narkoba keempat tersangka ini masih proses. Ancaman hukumanya berfariasi menunggu proses pengadilan," tandasnya. 

Baca Juga: Dhani Ditempatkan di Sel Tahanan 5x10 Meter Bersama 103 Tahanan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya