Comscore Tracker

Gempa di Malang Bikin Warga Berhamburan, Rumah Rusak

Stay safe ya semua

Malang, IDN Times - Gempa bumi berkekuatan 6,7 skala richter mengguncang Kabupaten Malang, pada Sabtu (10/4/2021), sekitar pukul 14.00 WIB. Gempa sendiri terasa cukup kencang dan membuat warga berhamburan keluar rumah. Getaran gempa dirasakan di sejumlah wilayah di Kabupaten Malang, Kota Malang, Kota Batu bahkan hingga Kabupaten Blitar. Di Kabupaten Malang sendiri, beberapa rumah dilaporkan rusak.

1. Titik gempa 90 kilometer kedalaman 25 kilometer

Gempa di Malang Bikin Warga Berhamburan, Rumah RusakSalah seorang warga mendapat perawatan akibat gempa bumi di Kabupaten Malang. Dok/istimewa

Berdasarkan unggahan Twitter Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi terjadi di 90 kilometer Barat Daya, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kedalaman gempa sendiri berada pada 25 kilometer. Durasi yang cukup cepat membuat warga panik dan langsung berlarian keluar mencari tempat terbuka demi menghindari terjadinya cidera. 

"Tadi saya sedang di depan warung dan didalam ada bapak-bapak sedang ngopi. Tiba-tiba terasa gempa cukup kuat, jadi semua langsung berhamburan keluar," papar Awang Karta, salah seorang pedagang di kawasan Stadion Kanjuruhan, Sabtu (10/4/2021

2. Gempa berlangsung sangat cepat

Gempa di Malang Bikin Warga Berhamburan, Rumah RusakIlustrasi Gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

Durasi gempa sendiri berlangsung sangat cepat yakni sekitar 37 detik saja. Tetapi getaran gempa yang cukup kuat membuat dampak yang ditimbulkan juga cukip besar. 

"Tadi atap bangunan gor yang belum selesai di depan stadion Kanjuruhan juga hampir lepas karena guncangan," tambah Awang. 

3. Sejumlah rumah rusak

Gempa di Malang Bikin Warga Berhamburan, Rumah RusakDampak gempa yang terjadi di Kabupaten Malang. Dok/istimewa

Sementara itu, Hendi Suprayitno, warga Dusun Ubalan, Desa Pamotan, Kecamatan Dampit menyampaikan bahwa beberapa rumah mengalami kerusakan pasca gempa. Kerusakan yang terjadi mulai dari tembok ambrol, atap yang berjatuhan dan ada yang mengalami rusak berat. 

"Ini beberapa rumah mengalami kerusakan. Cukup parah karena memnag guncangan cukup kuat," katanya. 

Baca Juga: [BREAKING] Gempa Terasa di Surabaya, Warga Panik Berhamburan

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya