Comscore Tracker

Gajah Secret Zoo Jatim Park 2 Melahirkan Anakan Jantan  

Anakan Gajah diberi nama Dumbo

Batu, IDN Times - Secret Zoo, Jawa Timur Park 2 kembali kehadiran anggota baru. Hal itu setelah koleksi Gajah Sumatera yang ada di Secret Zoo melahirkan anakan gajah jantan. Kelahiran bayi Gajah tersebut terjadi pada 5 Juli 2019 lalu. Anakan gajah tersebut lahir dari gajah betina bernama Nazumi dan pejantan bernama Andalas. 

1. Diberi nama Dumbo

Gajah Secret Zoo Jatim Park 2 Melahirkan Anakan Jantan  IDN Times/ Alfi Ramadana

Kelahiran anakan gajah tersebut tentu saja disambut gembira. Pasalnya selama ini Gajah Sumatera termasuk satwa yang masuk kategori terancam punah. Sehingga kelahiran anakan Gajah tersebut merupakan keberhasilan dalam proses perkembangbiakan Gajah Sumatera. Hal itu seeprti diungkapkan oleh Direktorat Jenderal Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem, Wiratno yang hadir sekaligus memberi nama kepada anakan gajah tersebut. 

"Bayi gajah ini di beri nama Dumbo. Nama Dumbo diambil agar mudah diingat karena ini terinspirasi dari serial kartun," bebernya. 

2. Masa kebuntingan cukup lama

Gajah Secret Zoo Jatim Park 2 Melahirkan Anakan Jantan  IDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih jauh, proses perkembangbiakan seekor gajah ternyata membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Setidaknya dalam proses kebuntingan seekor Gajah betina memerlukan waktu 22-23 bulan hingga melahirkan. Untuk itu dalam prosesnya diperlukan perawatan ekstra untuk memastikan induk Gajah dan anakan gajah bisa sehat. 

"Ini menjadi pembelajaran dalam proses pengembangbiakan Gajah. Selain itu, keberhasilan ini menjadi bukti bahwa keberadaan konservasi Ek Situ sangat penting," imbuhnya. 

3. Proses kelahiran normal

Gajah Secret Zoo Jatim Park 2 Melahirkan Anakan Jantan  IDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara itu, tim dokter Gajah Secret Zoo, Roosy Margaretha menjelaskan bahwa proses kelahiran anakan gajah ini berjalan normal. Hal itu lantaran tim dokter terus memantau kondisi indukan gajah selama proses kebuntingan. Monitoring nutrisi selama proses kebuntingan terus dilakukan agar indukan gajah tetap berada dalam kondisi sehat. 

"Kami juga terus memantau kadar kalsium darah, serta pemeriksaan Ultrasonografi. Hingga pada saat kelahiran semua berjalan lancar dan normal dengan berat sekitar 87 kilogram," ucapnya. 

Baca Juga: "Night Zoo" Cita-cita KBS yang Akan Segera Terwujud

4. Diletakkan di kandang terpisah

Gajah Secret Zoo Jatim Park 2 Melahirkan Anakan Jantan  IDN Times/ Alfi Ramadana

Saat ini keberadaan anakan gajah bernama Dumbo tersebut masih diletakkan di kandang terpisah bersama induknya. Pasalnya kondisi anakan gajah tersebut masih belum sepenuhnya stabil. Sehingga untuk sementara belum diletakkan pada kandang yang sama dengan pejantanya. 

"Kebetulan anakan gajah ini jantan dan memang pada awal kelahiran jalanya belum stabil. Sehingga dikhawatirkan akan membahayakan jika dijadikan satu kandang dengan pejantanya. Untuk itu, selama kurang lebih 3-4 bulan, anakan gajah ini akan diletakkan di kandang terpisah," jelasnya. 

5. Berikan perawatan berbeda

Gajah Secret Zoo Jatim Park 2 Melahirkan Anakan Jantan  IDN Times/ Alfi Ramadana

Tak hanya itu saja, Roosy menambahkan bahwa proses untuk perawatan anakan gajah juga berbeda dengan gajah dewasa. Sehingga untuk bisa memaksimalkan pertumbuhan anakan gajah, diperlukan treatment yang berbeda pula. 

"Kalau untuk gajah dewasa biasnaha kulitnya sudah tidak sensitif. Sehingga ketika proses memandikan bisa lebih mudah dengan mensikat bagian tubuhnya. Sementara anakan gajah memiliki kulit yang lebih sensitif. Untuk itu, proses perawatanya juga tak bisa sembarangan," tandasnya. 

Baca Juga: 5 Fakta Unik Mammoth Berbulu, Si Gajah Purba yang Melegenda

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya