Dua Mahasiswa UIN Meninggal Saat Rekrutmen UKM, Ini Kronologinya

Mereka sempat dibawa ke Puskesmas dan RS

Batu, IDN Times - Dua mahasiswa UIN Malang meninggal dunia saat mengikuti kegiatan perekrutan perguruan silat Pagar Nusa. Keduanya meninggal diduga karena kelelahan dan mengalami sesak nafas saat proses awal kegiatan perekrutan tersebut di Desa . Dua mahasiswa yang meninggal tersebut bernama Miftah Rizki Pratama dan Faishal Lathiful Fahri. Keduanya meninggal saat mengikuti kegiatan rekrutmen Pagar Nusa di Coban Rais, Desa Oro-oro Ombo, Kota Batu, Sabtu (6/3/2021).

1. Berangkat bersama 41 peserta

Dua Mahasiswa UIN Meninggal Saat Rekrutmen UKM, Ini KronologinyaIlustrasi meninggal (IDN Times/Mia Amalia)

Kepala RPH Perhutani Oro - Oro Ombo, Hadi Mustofa yang mendapat laproan mengatakan bahwa kejadian tersebut berawal pada hari Jumat 5 Maret 2021 sekitar pukul 15.30 WIB. Sebanyak 41 orang peserta diklat anggota UKM pencak silat Pagar Nusa UIN Malang berangkat menuju lokasi di SMK Mahardika. Sesampainya di lokasi, mereka sempat melaksanakan istighosah dan tahlil.

Mereka kemudian menginap dan keesokan harinya sekitar pukul 10.30 WIB, peserta berangkat menuju lokasi Coban Rais dari. Setelah sampai Coban Rais, dua korban tiba-tiba terjatuh. Keduanya yang masih sadar kemudian dibawa ke rumah sakit.

"Memang infonya ada mahasiswa dari  UIN Maulana Maliki Malang mengadakan perekrutan anggota baru silat Pagar Nusa. Lalu mereka melakukan jalan dari Desa Tlekung menuju ke Wisata Coban Rais. Kemungkinan jaraknya sekitar 3 kilometer. Setelah sampai salah satu peserta itu mengeluhkan dadanya sakit dan sesak napas," papar Hadi, Senin (8/3/2021).

2. Satu korban sempat dirawat di Puskesmas Karangploso

Dua Mahasiswa UIN Meninggal Saat Rekrutmen UKM, Ini Kronologinya(Ilustrasi orang meninggal) IDN Times/Mia Amalia

Satu korban lanjut Hadi, dibawa RS Karsa Husada Batu. Sementara, satu lagi ke Puskesmas Karangploso. Sayangnya, setelah sampai di RS dan Puskesmas, nyawa mereka tak tertolong. 

Hadi melanjutkan, korban diketahui sudah dalam kondisi sakit saat masih berada di kawasan camping ground, sebelum menuju Coban Rais. Mereka mengeluh sakit dada. Oleh panitia, keduanya sempat menjalani pertolongan pertama sebelum dirujuk ke rumah sakit. 

Baca Juga: Jalan Ambrol di Pujon, Jalur Malang-Kediri Ditutup Total

3. Diduga tak kuat menjalani diklat

Dua Mahasiswa UIN Meninggal Saat Rekrutmen UKM, Ini KronologinyaIlustrasi Mayat (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara itu, Kapolsek Karangploso AKP Bambang Sidik mengatakan bahwa korban yang dibawa ke Puskesma Karangploso bernama Faishal Lathiful Fakri. Ia mengembuskan nafas terakhir di sana pada Sabtu (6/3/2021). 

"Memang betul ada yang sempat dirawat di Puskesmas Karangploso. Sabtu kejadiannya," ucap Bambang Senin pagi (8/3/2021). 

Bambang menjelaskan bahwa berdasar informasi yang ia terima, yang bersangkutan awalnya mengeluhkan sakit dan tidak kuat saat menjalani Diklat. Lalu oleh masyarakat dibawa menuju Puskesmas Karangploso. "Infonya belum sempat dirawat. Sempat mendapat bantuan oksigen saat masih di lokasi. Kemudian oleh masyarakat dibawa turun ke Puskesmas Karangploso," tandasnya

Baca Juga: Kemnaker-UIN Malang Jalin Kerja Sama Peningkatan Kemampuan SDM

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya