Distribusi Vaksin COVID-19, Kota Batu Tunggu Petunjuk Pemprov Jatim

Sudah lakukan rakor persiapan penerimaan vaksin

Batu, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Batu masih menunggu petunjuk teknis terkait pengiriman vaksin COVID-19. Sejauh ini Pemkot Batu masih belum mengetahui seperti apa proses penyaluran vaksin dari Pemerintah Provinsi (Pemprov Jatim). Sesuai dengan pernyataan Gubernur Khofifah Indar Parawansa, proses vaksinasi di Jatim bakal mulai dilakukan pada pekan ketiga Januari. 

1. Sudah didata, ada 2.033 nakes di Kota Batu

Distribusi Vaksin COVID-19, Kota Batu Tunggu Petunjuk Pemprov JatimInstagram.com/rumahsakitlapangan

Pemkot Batu sendiri sudah melakukan pendataan terkait jumlah tenaga kesehatan yang ada di Kota Batu. Tercatat, ada 2.033 orang tenaga kesehatan (nakes) yang tersebar di seluruh Kota Batu. Namun demikian, kuota vaksin untuk Kota Batu masih belum diketahui. 

"Kalau melihat dari data, total nakes di Jatim ini ada sekitar 200 ribu orang. Sementara vaksin yang datang baru kisaran 77 ribu lebih sedikit Jadi belum tahu juga kalau kami dapat berapa," terang Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, Rabu (6/1/2021). 

2. Sudah lakukan rakor

Distribusi Vaksin COVID-19, Kota Batu Tunggu Petunjuk Pemprov JatimBupati Batu Dewanti Rumpoko (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Meskipun belum ada petunjuk teknis, Forkopimda Kota Batu sudah melakukan rapat koordinasi (rakor). Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi, serta menyiapkan langkah ketika vaksintersebut didistribusikan. Salah satunya adalah dengan menyiapkan tempat penyimpanan vaksin.

"Harapannya tentu bisa semua nakes dapat. Tetapi semoga nakes kita dalam keadaan sehat selalu," tambah Dewanti.

Baca Juga: Ada 1.034 Nakes, Kota Malang Verifikasi Ulang Data Penerima Vaksin

3. Kepolisian siap membantu pengamanan

Distribusi Vaksin COVID-19, Kota Batu Tunggu Petunjuk Pemprov JatimPengiriman vaksin Sinovac ke kantor Dinkes Jatim, Senin (4/1/2021). IDN Times/ Dok. Istimewa

Sementara itu, Kapolres Batu, AKBP Catur Cahyono menjelaskan, pihaknya siap mengawal distribusi vaksin ke Kota Batu. Saat ini juga sedang ada pematangan dan persiapan mengenai tempat untuk menyimpan vaksin Sinovac. 

"Untuk tempatnya ini sedang disiapkan. Nanti kalau sudah siap akan diinformasikan lebih lanjut," ujarnya.

4. Siapkan tim gabungan TNI/Polri

Distribusi Vaksin COVID-19, Kota Batu Tunggu Petunjuk Pemprov JatimIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Untuk pengamanan vaksin, polisi bakal berkoordinasi dengan TNI agar vaksin yang sampai ke Kota Batu bisa sampai dalam keadaan baik. Pihaknya juga akan menyiagakan personel untuk mengawal proses distribusi vaksin ke nakes.

"Nanti akan kami siapkan sesuai kebutuhan, bekerja sama dengan TNI juga," tandasnya. 
 

Baca Juga: Vaksin COVID-19 Tiba Akhir Januari, Ini Persiapan Satgas Banyuwangi

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya