Dinilai Perlu Renovasi, Pedagang Keluhkan Kondisi Pasar Besar

DPRD akan ajak ngobrol pedagang pasar besar

Malang, IDN Times - Situasi Pasar Besar Kota Malang belakangan semakin tak kondusif. Kondisi bangunan yang sudah cukup berumur ditambah beberapa waktu lalu sempat terjadi kebakaran membuat pedagang mulai mengeluh. Bahkan, kebakaran yang terjadi di bekas Matahari Pasar Besar itu masih menyisakan sejumlah kerusakan. 

1. Berharap segera ada renovasi

Dinilai Perlu Renovasi, Pedagang Keluhkan Kondisi Pasar BesarKondisi dalam Pasar Besar Kota Malang yang sudah memeprihatinkan. IDN Times/ Alfi Ramadana

Keluhan tersebut disampaikan Agus salah satu pedagang di Pasar Besar. Ia mengakui bahwa situasi di Pasar Besar kerap tidak bagus. Ketika hujan tiba, dibeberapa lokasi selalu terjadi bocor. Terutama seusai kebakaran yang terjadi di lantai 3 Pasar Besar beberapa waktu lalu. Hal itu ia sampaikan saat ada sidak dari komisi B DPRD Kota Malang, Rabu (6/11). 

"Belum ada renovasi dari pemerintah. Ini sementara hanya inisiatif dari para pedagang agar tidak bocor," paparnya Rabu (6/11). 

2. Minta pedagang lama diprioritaskan

Dinilai Perlu Renovasi, Pedagang Keluhkan Kondisi Pasar BesarSuasana didalam pasar besar kota Malang, Rabu (6/11/2019). IDN Times/ Alfi Ramadana

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ketua Persatuan Pedagang Pasar Besar, Rif'an Yasin. Ia berharap bahwa untuk lantai tiga Pasar Besar Malang bisa segera direnovasi dan difungsikan kembali. Namun, pihaknya berharap bahwa para pedagang di pasar besar tetap mendapat prioritas utama. 

"Harapan kami setelah direnovasi terutama yang bekas kebakaran. Karena setelah kebakaran sampai sekarang ini tidak berfungsi dengan baik," jelasnya. 

3. Akan bangun komunikasi dengan pedagang

Dinilai Perlu Renovasi, Pedagang Keluhkan Kondisi Pasar BesarAnggota komisi B DPRD Kota Malang, Lokh Mahfud saat melakukan sidak di Pasar Besar Kota Malang, Rabu (6/11/2019). IDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara itu, anggota Komisi B DPRD Kota Malang, Lokh Mahfud yang melakukan sidak langsung ke Pasar Besar menilai bahwa memang pemerintah harus segera turun tangan. Untuk itu, pihaknya menyebut akan segera melakukan agenda dialog dengan pedagang untuk mencari solusi atas permasalahan di Pasar Besar. 

"Memang sudah seharusnya pemerintah hadir untuk mengatasi permasalahan ini. Paling tidak ada tindakan cepat untuk mengatasi permasalahan Pasar Besar," ujarnya. 

Baca Juga: Kondisi Jasad Rusak, Korban Mutilasi Pasar Besar Belum Teridentifikasi

4. DPRD nilai ada penurunan aktifitas jual beli di Pasar Besar

Dinilai Perlu Renovasi, Pedagang Keluhkan Kondisi Pasar BesarArea depan Pasar Besar kota Malang terlihat lebih luas dari biasanya, Rabu (6/11/2019). IDN Times/ Alfi Ramadana

Di sisi lain, usai melakukan sidak, Lokh Mahfud menyebut bahwa ada penurunan aktifitas jual beli di Pasar Besar. Hal itu dinilai cukup memprihatinkan. Mengingat Pasar Besar merupakan bagian penting dalam perekonomian di kota Malang. 

"Cukup memprihatinkan kalau melihat Pasar Besar saat ini. Dulu bagian depan ini tidak bisa buat jalan. Sekarang buat main bola saja bisa," tandas Lokh Mahfud. 

Baca Juga: Kepolisian Lakukan Rekonstruksi Kasus Mutilasi Pasar Besar 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya