Diduga Sindikat Penipuan Internasional, 7 Orang Ditangkap di Malang

Terhubung dengan jaringan penipu yang ditangkap di Jakarta

Malang, IDN Times - Warga di kawasan perumah Puncak Dieng, Istana Dieng dan Bukit Dieng dikejutkan dengan penggerebekan yang dilakukan oleh tim gabungan kepolisian, Senin malam (25/11). Setidaknya tim yang berisikan dari Polda Metro Jaya, Satgas Merah Putih dibantu Polda Jatim dan Polresta Malang Kota menggeledah tiga perumahan dan menangkap beberapa orang.

1. Tujuh orang diciduk

Diduga Sindikat Penipuan Internasional, 7 Orang Ditangkap di MalangPolisi mengamankan tujuh orang dalam penggeledahan dan penangkapan kasus penipuan WNA di Kota Malang, Senin (25/11/2019). IDN Times/ Alfi Ramadana

Dari penggeledahan tersebut, tim gabungan meringkus tujuh orang. Mereka diduga merupakan bagian dari sindikat penipuan warga negara asing yang sebelumnya sudah diungkap oleh Polda Metro Jaya.

Dari tujuh orang yang diciduk tersebut, enam di antaranya merupakan warga negara asing dari Taiwan dan Tiongkok. Sedangkan satu orang lainya adalah warga negara Indonesia. 

"Ada delapan TKP yang diperiksa. Juga ada tujuh orang yang diamankan," papar Kasat Reskrim Polres Malang Kota AKP Komang Yogi Arya Wiguna, Senin (25/11). 

2. Bawa sejumlah barang bukti

Diduga Sindikat Penipuan Internasional, 7 Orang Ditangkap di MalangKepolisian mengamankan tujuh orang terkait kasus dugaan penipuan warga asing. IDN Times/ Alfi Ramadana

Selain menangkap tujuh orang, kepolisian juga menyita sejumlah barang bukti. Namun demikian, Komang tak menyebut secara detail apa saja yang dibawa oleh polisi. Tetapi dari pantauan IDN Times, terlihat beberapa barang seperti smartphone, ipad, laptop, CCTV hingga paspor turut diamankan polisi.

"Ini terkait dengan kasus penipuan warga negara asing," tambahnya. 

Baca Juga: Diduga Akibat Sepak Bola, Dua Kereta Jurusan Malang Dihujani Batu

3. Kepolisian Tiongkok ikut penggeledahan

Diduga Sindikat Penipuan Internasional, 7 Orang Ditangkap di MalangKepolisian melakukan penggeledahan dan menangkap tersangka terkait kasus penipuan WNA, Senin (25/11/2019). Dok Humas Polda Jatim

Lebih jauh, Komang menyatakan bahwa kepolisian Tiongkok ikut turun menggeledah rumah. Tujuh orang yang ditangkap itu diduga sindikat internasional yang sudah menggurita.

"Ada satu tim (polisi Tiongkok) yang ikut dalam tadi," sambungnya.

4. Terkait ungkap kasus Polda Metro Jaya

Diduga Sindikat Penipuan Internasional, 7 Orang Ditangkap di MalangSejumlah polisi saat melakukan penangkapan terhadap tujuh orang terkait kasus penipuan WNA. IDN Times/ Alfi Ramadana

Tujuh orang yang ditangkap itu diduga kuat satu jaringan dengan sindikat yang sebelumnya ditangkap Polda Metro Jaya. Makanya, anggota Polda Metro Jaya tampak ikut terjun ke Malang.

"Diduga memang ada kaitanya dengan kasus tersebut," tandasnya. 

Baca Juga: Komplotan Anak Muda Lancarkan Penipuan di Marketplace

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya