Comscore Tracker

Dibuka Lagi, RSL Idjen Langsung Terima Pasien COVID-19

RSL Idjen siap menghadapi gelombang ketiga

Malang, IDN Times - Rumah Sakit Lapangan Idjen Boulevard resmi kembali beroperasi Selasa (8/2/2022). Pengoperasian ini dilakukan satu hari lebih cepat dari jadwal semula. Pemprov Jatim memilih mempercepat pengoperasian kembali RSL Idjen Boulevard sebagai antisipasi kasus COVID-19 yang semakin melonjak. Pemotongan pita oleh Gubernur Jatim  Khofifah Indar Parawansan menjadi penanda RSL Idjen kembali beroperasi menangani pasien COVID-19. 

1. RSL Idjen sudah siap terima pasien

Dibuka Lagi, RSL Idjen Langsung Terima Pasien COVID-19Khofifah saat berada di RSL Idjen bersama Forkopimda Jatim. IDN Times/Alfi Ramadana

Usai kembali membuka RSL Idjen Boulevard, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menjelaskan bahwa dari sisi fasilitas RSL sudah sangat siap. Kebutuhan-kebutuhan untuk menunjang perawatan sudah terpasang dengan baik. Nantinya fokus penanganan di RSL adalah pasien konfirmasi positif COVID-19 tanpa gejala hingga ringan.

"Secara sistem memang tidak dilakukan shut down. Sebelumnya sudah kami check dan RSL sudah siap beroperasi kembali," paparnya Selasa (8/2/2022). 

Baca Juga: COVID-19 di Malang Melonjak, RSL Idjen Boulevard Akan Beroperasi Lagi

2. RSL Idjen jadi referensi penanganan kasus

Dibuka Lagi, RSL Idjen Langsung Terima Pasien COVID-19IGD RS darurat lapangan Idjen Boulevard. IDN Times/Alfi Ramadana

Tak sampai disitu saja, RSL Idjen Boulevard juga dinilai memiliki sistem informasi dan komunikasi antara para pasien dengan tenaga kesehatan yang paling baik di Jatim. Hal itu kemudian menjadikan RSL Idjen menjadi salah satu referensi dalam penanganan COVID-19. 

"Dari seluruh RSL yang ada, sistem informasi dan komunikasi di Idjen Boulevard merupakan yang terbaik. Jadi banyak RSL Idjen jadi referensinya bagi yang lain," imbuhnya. 

3. Sudah ada 5 pasien yang antri masuk RSL

Dibuka Lagi, RSL Idjen Langsung Terima Pasien COVID-19Khofifah saat menyampaikan sambutan dalam pengoperasian kembali RSL Idjen. IDN Times/Alfi Ramadana

Sementara itu, penangging jawab RSL Idjen Boulevard, Kohar Hari Santoso menyebut bahwa saat ini sudah ada lima pasien yang bersiap masuk. Loma pasien tersebut sudah mendaftar dan siap masuk begitu RSL Idjen Boulevard kembali beroperasi lagi. Salah satu pasien yang sudah memesan tersebut berasal dari Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.

"Kami juga sediakan high care untuk perawatan awal jika ada pasien dalam kondisi darurat sebelum dirujuk ke RSSA atau RS rujukan lainnya," katanya. 

4. Siapkan 60 nakes untuk tahap awal

Dibuka Lagi, RSL Idjen Langsung Terima Pasien COVID-19Khofifah saat berfoto bersama relawan dan perawat yang bertugas di RS lapangan Idjen Boulevard. IDN Times/Alfi Ramadana

Sebagai perimbangan untuk penanganan pasien, RSL Idjen Boulevard menyiapkan 60 tenaga kesehatan untuk awal pengoperasian kembali. Mereka berasal dari beberapa rumah sakit yang ada di Kota Malang ditambah relawan yang sebelumnya sudah menjadi bagian dari RSL Idjen dalam penanganan COVID-19. 

"Sebelum bertugas, para relawan ini sudah kami cek kesehatannya terlebih dahulu. Jumlah awal yang disiapkan sekitar 60 orang. Nantinya akan terus berkembang sesuai kebutuhan," pungkasnya. 

Baca Juga: RSSA Siapkan 90 Bed Khusus Pasien COVID-19, Mulai Terisi 50 Persen   

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya