Begini Hasil Tracing Pasien Positif Covid-19 di Kota Malang

Punya riwayat perjalanan ke Jakarta

Malang, IDN Times - Kota Malang memang sudah mengonfirmasi bahwa ada satu tambahan pasien Positif Covid-19 baru usai sebelumnya diumumkan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Pasien tersebut saat ini dirawat di ruang isolasi Rumas Sakit Saiful Anwar, Kota Malang. Kondisinya pun kini stabil dan mulai membaik. Pasca muncul satu pasien baru tersebut, Pemkot Malang melalui Dinas Kesehatan langsung melakukan penulusuran atau tracing riwayat perjalanan dalam 14 hari terakhir dari pasien bersangkutan. 

1. Miliki riwayat perjalanan ke Jakarta

Begini Hasil Tracing Pasien Positif Covid-19 di Kota MalangIlustrasi penanganan pasien virus corona. ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko

Setelah ditelusuri, didapatkan beberapa fakta mengenai pasien bersangkutan. Pertama adalah pasien tersebut  berusia 61 tahun. Kemudian dalam 14 hari terakhir yang bersangkutan memiliki riwayat perjalanan ke Jakarta.

Setelah kembali ke Malang pasien bersangkutan mengalami gelaja sakit mirip gejala awal virus corona. Kemudian, yang bersangkutan dibawa ke RSSA untuk dirawat dan menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Setelah dilakukan tes laboratorium dinyatakan bahwa pasien bersangkutan positif terinfeksi virus corona. 

"Yang bersangkutan memang asli warga Malang. Ia diperiksa setelah menunjukkan gejala klinis usai kembali dari Jakarta," papar Kabag Humas Pemkot Malang, Nur Widianto, Kamis (26/3). 

2. Duga terjangkit dari Jakarta

Begini Hasil Tracing Pasien Positif Covid-19 di Kota Malangtwitter.com/JideJammal1/

Lebih jauh, Nur Widianto tak membeberkan secara rinci apakah yang bersangkutan sempat memiliki kontak erat dengan pasien positif Covid-19 yang lain. Namun, jika melihat riwayat perjalanan dari yang bersangkutan, maka dugaan kuat bahwa pasien tersebut terinfeksi virus corona saat di Jakarta. Untuk itu, kini yang bersangkutan terus mendapat perawatan di ruang isolasi RSSA, Kota Malang. 

"Kalau melihat riwayat perjalanannya maka dugaannya terjangkit saat di Jakarta," tambah Nur Widianto. 

3. Bukan dalam hal pekerjaan

Begini Hasil Tracing Pasien Positif Covid-19 di Kota MalangPixabay/Tumisu

Sementara itu, dalam penelusuran yang dilakukan tim satgas Covid-19 Kota Malang, pasien bersangkutan tidak dalam rangka bekerja ke Jakarta. Apalagi jika melihat usia dari pasien yang sudah diatas 60 tahun. Namun demikian, Nur Widianto masih belum mendapatkan data detail mengenai hasil penelusuran tersebut. 

"Kami belum mendapat detail jelas apakah yang bersangkutan ke Jakarta untuk urusan pekerjaan atau mengunjungi keluarga," sambungnya. 

Baca Juga: Satu Sembuh, RSSA Malang Rawat Satu Pasien Positif Corona

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya