Banjir Bandang Batu Hanyutkan 15 Orang, 11 di Antaranya Masih Hilang

Empat orang ditemukan selamat

Batu, IDN Times - Banjir bandang menerjang Kota Batu di Jawa Timur, setelah hujan dengan intesitas tinggi mengguyur wilayah hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas yang berada di lereng Gunung Arjuno, Kamis (4/11), pada pukul 14.00 WIB. Berdasarkan laporan sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, 15 orang dilaporkan hanyut terseret aliran sungai yang meluap. 

1. Empat orang ditemukan selamat

Banjir Bandang Batu Hanyutkan 15 Orang, 11 di Antaranya Masih HilangPetugas membersihkan puing-puing reruntuhan pasca banjir bandang. IDN Times/Alfi Ramadana

Sebanyak 4 orang sudah ditemukan dalam kondisi selamat. Sementara 11 orang lainnya masih dalam pencarian. Selain melakukan pencarian pada korban, tim dari BPBD, relawan dan unsur lainnya juga masih berupaya melakukan pembersihan kepada material yang terbawa aliran air 

"Empat orang sudah ditemukan dalam keadaan selamat semua. Lalu 11 orang yang belum ditemukan," jelas Achmad Choirur Rochim, selaku Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Kamis (4/11/2021). 

2. Ada lima lokasi yang terdampak

Banjir Bandang Batu Hanyutkan 15 Orang, 11 di Antaranya Masih HilangPetugas gabungan membersihkan puing-puing reruntuhan banjir bandang. IDN Times/Alfi Ramadana

Berdasarkan laporan visual sementara dari BPBD Kota Batu, arus sungai anak sungai Brantas yang melintas di Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, terpantau mengalir sangat deras dengan membawa beberapa material lumpur, batu dan potongan pohon serta puing bangunan. Banjir bandang tersebut berdampak di 5 desa di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Adapun rinciannya adalah Desa Sumber Brantas, Desa Bulu Kerto, Desa Tulung Rejo, Desa Padang Rejo dan Desa Sidomulyo.

"Yang terdampak ini 5 desa yang dialiri anak sungai Brantas," jelas Rochim.

3. Empat kendaraan hanyut

Banjir Bandang Batu Hanyutkan 15 Orang, 11 di Antaranya Masih HilangPuing reruntuhan rumah yang teebawa arus air di Dusun Sambong, Desa Bulukerto. IDN Times/Alfi Ramadana

Selain korban jiwa, banjir bandang tersebut juga menyebabkan kerugian materiil. Data kerugian materil yang dicatat sementara oleh BPBD Kota Batu meliputi empat kendaraan hanyut dan satu unit rumah terendam. Data kerugian yang lain masih dalam proses asesmen di lapangan. Tim juga fokus untuk pencarian para korban dan evakuasi atau penyelamatan warga yang terdampak banjir serta pembersihan sarana dan prasarana yang terdampak banjir bandang.

"Operasi penanganan darurat sudah berjalan, tapi memang untuk malam ini fokus untuk pencarian pertolongan sama pembersihan dan pemulihan sarana prasarana vital jalan-jalan yang tertutup lumpur,"  sambung Rochim.

Baca Juga: Banjir Bandang Kota Batu, Satu Orang Hanyut  

4. Kota Malang juga terdampak

Banjir Bandang Batu Hanyutkan 15 Orang, 11 di Antaranya Masih HilangIlustrasi banjir (IDN Times/Arief Rahmat)

Dalam keterangan terpisah, BPBD Kota Malang juga melaporkan bahwa banjir terjadi di permukiman bantaran sungai wilayah DAS Brantas yang melintasi Kelurahan Samaan, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Selain membawa material potongan kayu dan sampah, banjir tersebut juga menyebabkan beberapa rumah warga di Kelurahan Jatimulyo juga terendam air dengan Tinggi Muka Air (TMA) kurang lebih 10 sentimeter.

"Kelurahan Jatimulyo, air sudah meluap ke permukiman dengan ketinggian 10 sentimeter," ujar Asmi selaku Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Malang melalui keterangan tertulis.

 

Baca Juga: Banjir Besar Terjang Desa Sumber Brantas Kota Batu 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya